//]]> Cara Membuat Artikel di Blog - Laros Media
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Artikel di Blog

 Cara Membuat Artikel di Blog Bagi Pemula

Saat ini sepertinya sudah banyak orang yang mengenal dengan ‘blog’. Blog ini menjadi wadah untuk tulisan-tulisan atau artikel dalam sebuah halaman web. Lalu, masih ada yang kebingungan untuk melakukan cara membuat artikel di blog ?

Blog sekarang ini sudah memiliki fungsi yang beragam. Tidak hanya untuk menuliskan cerita saja, melainkan juga sebagai sarana pemasaran bisnis. Cara menghasilkan uang dari blog di dunia yang serba digital seperti sudah cukup mudah.

Segalanya akan lebih mudah dengan internet yang berisikan blog-blog dengan beberapa artikel. Artikel-artikel yang ada di blog tersebut dapat membuat pembaca menjadi lebih terbuka pikirannya.

Namun, ternyata sebagian besar yang ingin membuat artikel di blog masih kebingungan dengan cara membuatnya.

Macam Platform Blog

Sebelum membuat artikel di blog, perlu diketahui ada beberapa platform blog yang menyediakan beberapa fitur sesuai dengan tujuan. Beberapa platform blog memberikan fasilitas gratis, tetapi ada juga platform yang berbayar.

Inilah beberapa platform blog yang sudah cukup terkenal dan sering digunakan.


1. WordPress

Sobat sudah sering mendengar salah satu platform yang cukup terkenal ini yaitu WordPress. WordPress terbagi menjadi dua, WordPress.org dan WordPress.com.

Cara Membuat Artikel di Blog

Keduanya memang memiliki perbedaan, jika WordPress.org memerlukan custome domain dan web hosting. Namun, untuk WordPress.com tidak perlu membutuhkan keduanya dan sudah langsung dapat digunakan dengan gratis.

2. Tumblr



Salah satu platform ini menjadi populer untuk kalangan anak muda. Tumblr ini menjadi salah satu media blog yang gratis. Platform ini hampir sama dengan media sosial, kebanyakan orang bisa saling follow.

3. Medium


Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan platform yang satu ini. Medium menjadi salah satu yang mudah untuk digunakan. Sobat bisa langsung menulis dan dapat langsung dipublikasikan.

4. Blogger

Blogger ini menjadi salah satu platform yang digunakan oleh para pemula. Blogger memiliki penawaran untuk tidak harus berlangganan hosting. Selain itu, tampilan yang diberikan Blogger juga cukup sederhana.

Setelah menimbang-nimbang beberapa platform, maka segera tentukan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Jika memang berencana untuk membangun sebuah bisnis, bisa menggunakan platform yang berbayar.

Cara Membuat Artikel di Blog

Berikut untuk yang dapat sobat lakukan cara membuat artikel di blog setelah memilih beberapa platform yang cocok dengan tulisan sobat.

  1. Sebelum membuat blog, pastikan sobat sudah menyiapkan tujuan untuk membuat blog tersebut.
  2. Tentukan web hosting untuk blog sobat. Beberapa ada yang menyediakan hosting secara gratis dan ada juga yang berbayar.
  3. Menentukan topik untuk menuliskan artikel yang akan sobat tuliskan disalah satu platform yang terpilih.
  4. Lakukan pendaftaran dan berbagai langkah dalam mendaftar web.
  5. Jika sudah masuk dalam halaman admin, biasanya akan banyak pilihan panel.
  6. Pilih “Create a New Post”.
  7. Setelah terbuka, akan diberikan kolom untuk judul postingan.
  8. Pada bagian bawah judul postingan, akan diberikan ruang untuk menuliskan artikel yang siap diunggah di blog.
  9. Jika ingin menambahkan beberapa hal lain, dapat masuk pada pengaturan postingan.
  10. Setelah mengisi kolom artikel dengan tulisan sobat. Tekan tombol posting dan otomatis tulisan tersebut sudah terbit.

Cara membuat artikel di blog ini juga dapat ditentukan dengan beberapa kategori yang sobat inginkan. Lebih sering sobat menulis artikel di blog, akan lebih sering juga artikel sobat akan dibaca oleh pengguna lainnya.


Posting Komentar untuk "Cara Membuat Artikel di Blog"