//]]> Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik - Laros Media
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik

Yuk, Intip 5 Cara Membuat Blog Pemula yang Simpel dan Menarik

Cara membuat blog pemula tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa membuat blog impianmu dengan mengikuti langkah-langkah di dalam artikel berikut ini.

1. Tentukan Niche Blog

Hal pertama yang perlu kamu siapkan untuk membangun blog adalah menentukan niche. Niche adalah fokus dari blogmu, lebih mudahnya ia adalah topik yang kamu bahas melalui tulisan. 

Tulis daftar topik-topik yang kamu kuasai, misalnya otomotif, kecantikan, atau makanan. Lakukan riset terhadap topik yang akan menjadi niche tersebut.

Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik

Dalam membuat blog pemula, tentukan niche yang spesifik. Misalnya makanan adalah topik yang kurang spesifik. Carilah topik yang lebih spesifik seperti makanan untuk diet atau makanan yang cocok dijadikan pendamping asi bagi balita. Penetapan topik sangat berpengaruh pada cara membuat blog pemula sukses.

2. Pilih Jenis Web Hosting

Terdapat dua jenis sarana blogging yang bisa kamu pilih, yaitu gratis dan self-hosted. Bagi kamu yang masih pemula, mungkin platform gratis akan lebih cocok karena tidak membutuhkan biaya. Namun, seperti kebanyakan platform gratis, fitur yang diperoleh juga tidak sebanyak platform self-hosted.

Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik

Jika kamu ingin mendapatkan keleluasaan mengatur blog sejak awal, buat blog melalui platform self-hosted. Namun, jika kamu ingin cara membuat blog pemula gratis, pakailah platform gratis.

Platform self-hosted tidak mewajibkan kamu memakai subdomain di belakang URL blog. Jadi kamu bisa membuat nama domain sesuai dengan keinginan. 

Menentukan web hosting yang tepat adalah salah satu step penting dalam proses cara membuat blog pemula karena hal tersebut akan berpengaruh pada kesuksesan blog.

3. Daftarkan Nama Domain yang Unik

Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik

Nama domain adalah url unik yang dimiliki oleh setiap website. Nama ini berpengaruh terhadap kesuksesan blog. Ada banyak hal yang harus dipikirkan sebelum memilih nama domain yang tepat. 

Jangan terburu-buru menentukan nama domain, cek terlebih dahulu menggunakan tool domain name generator untuk mendapatkan domain yang berpotensi membawa keberhasilan. Jika kamu berhasil mendapatkan nama domain yang bagus, maka kamu berada satu langkah lebih maju dalam cara menghasilkan uang dari blog.

4. Install Platform Blogging yang Sesuai Kebutuhan

Jika kamu ingin mencoba membuat blog baru, Sistem Manajemen Konten adalah platform yang tepat. Dengan sistem tersebut, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Membuat blog tanpa memikirkan coding
  • Membuat konten baru dan mempublikasikannya secara mudah dan cepat
  • Tidak perlu memikirkan hal-hal teknis
  • Menambah fitur baru dengan mudah menggunakan plugin
  • Mengatur tema blog dengan mudah dan cepat

5. Mulai Buat Konten Sesuai Niche

Jika semua hal yang disebutkan pada poin sebelumnya telah siap, kamu bisa mulai menulis konten. Konten ditulis sesuai dengan niche yang telah kamu tentukan di awal. Buatlah artikel yang topiknya banyak dicari oleh pembaca dan sedang ngetren. Jika ingin artikelmu masuk ke jajaran peringkat teratas pencarian Google, kamu harus membuat artikel yang sesuai dengan ketentuan SEO.

Nah, ulasan di atas adalah penjelasan singkat mengenai cara membuat blog pemula. Kamu bisa mengikuti tips di atas tanpa bantuan orang lain. Selamat menulis!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Blog Pemula Simpel dan Menarik"