//]]> Cara Mudah Interview Tanpa Tekanan di Perusahaan - Laros Media
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mudah Interview Tanpa Tekanan di Perusahaan

Sobat pencari kerja mungkin sedikit cemas ketika menerima panggilan untuk wawancara kerja dengan persiapan yang singkat. Bahkan biasanya ada perusahaan yang memberikan informasi kepada sobat pencari kerja untuk segera secepatnya datang. Namun, perlu sobat ketahui bahwa itu semua pasti ada jalan keluarnya dan sobat juga harus tau hal apa yang harus dilakukan. Bahkan sobat juga bisa mempersiapkan diri dalam waktu hanya 24 jam saja, itu juga bisa membuktikan bahwa sobat bisa lebih bergerak lebih fleksibel dan lebih cerdas lagi dalam mengatur waktu apalagi ketika disaat dalam tekanan.

Meskipun waktu tetap terus berjalan, ingat untuk tetap fokus dan lebih mengutamakan apa yang harus dikerjakan terlabih dahulu. Berikut beberapa tips yang Laros berikan kepada sobat laros dan semoga bisa membantu.

Panggilan Interview Yang Singkat

Apabila waktu sangat terbatas, tetaplah fokus pada segala persiapan wawancara.
  1. Mendalami info penting untuk lebih mengenal perusahaan. Artinya, sobat harus lebih mencermati filosofi dan nilai dari perusahaan tersebut, cara kerjanya, dan kepemimpinan dalam menejemennya. Sobat harus sering memeriksa profil perusahaannya, ada berita terbaru atau tidak. Sobat dapat memeriksanya di situs laman resmi atau social media perusahaan tersebut.
  2. Mengantisipasi beberapa pertanyaan dari HRD saat wawancara. Terkadang, perekrut sangatlah unpredictable untuk masalah pertanyaan disaat wawancara. Sobat harus jeli dengan setiap pertanyaan yang diajukan secara spontan.
  3. Mempertanyakan balik. Terkadang, pihak perekrut memberikan kesempatan kepada sobat untuk menanyakan beberapa pertanyaan mengenai perusahaan tersebut di akhir wawancara. Siapkan beberapa bertanyaan yang bisa membuktikan bahwa sobat mahir dalam urusan tanya jawab. Pertanyaan sobat yang sobat siapkan juga harus berbobot dalam perkembangan dan visi misi dari perusahaan tersebut. Tak lupa untuk memberikan solusi jika ada sesuatu problem pada perusahaan tersebut.

Malam Hari Sebelum Interview

Sobat harus bisa menjaga waktu istirahat disaat sebelum hari wawancara tiba. Setidaknya sobat sudah cukup tidur untuk mengurangi rasa stress dan lebih menenangkan pikiran.

  1. Memasang lebih dari satu alarm agar bangun tidak kesiangan dan lebih tepat waktu.
  2. Memilih pakaian yang pas, yang mana pastikan pakaian sobat sudah bersih dan rapi.
  3. Mempelajari ulang semua catatan persiapan yang sudah sobat buat dan cobalah untuk  membacanya dengan lantang. 
  4. Untuk sobat yang tinggal di perkotaan besar, utamakan untuk memilih rute yang tepat agar dapat menuju lokasi wawancara tanpa ada kata keterlambatan.
  5. Tidur dengan nyenak pada malam hari agar disaat pagi sobat sudah merasa segar dan lebih percaya diri.

Memasuki Hari-H Wawancara

  1. Bangun lebih pagi apabila test wawancara sobat dilakukan waktu pagi agar tidak terlalu buru-
  2. buru. Berusahalah untuk sarapan sebelum berangkat. Namun jika jam pertemuan wawancara  dilakukan pada sore hari, setidaknya sobat mengkonsumsi beberapa makanan ringan pada saat makan siang. Itu membuat sobat tidak akan mudah mengantuk.
  3. Lakukan tips dari Laros yang mungkin bisa membuat sobat lebih rileks yaitu mendengarkan beberapa musik. Mungkin sobat mempunyai ritual sendiri yang bisa membuat rileks, itu bisa membantu.

Beberapa Menit Menjelang Wawancara 

  1. Tetap datang lebih awal sebelum jam wawancara tiba. Setidaknya sobat sudah siap 30 menit  sebelum wawancara
  2. Pikir ulang hal utama yang sobat harapkan pe-wawancara ingat tentang sobat. Apakah likeability pengalaman cukup, dan komunikasi. Dengan tujuan agar semua latihan sobat tetap fokus.
  3. Mencari cermin, entah di toilet atau dimanapun itu. Segeralah berkaca bagaimana penampilan sobat ? Coba ingat ini "Kesempatan tidak datang dua kali" artinya sobat hanya memiliki satu  kesempatan saja untuk membuat kesan pertama yang baik. 
  4. Positive Thinking. Yaps, tetap berfikir positif. Itu kunci dari wawancara.
Mempersiapkan segala sesuatu demi mendapatkan hasil nyata sebenarnya tidak hanya di proses wawancara saja. Disini mimin juga memberikan beberapa tips untuk membuat sobat lebih siap dalam dunia kerja kedepannya. Dengan apapun hasil yang di dapatkan sobat, jadikan semuanya pengalaman unik ini berharga buat sobat.

Kalau Sobat merasa artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat. Bagikan ke teman, keluarga, atau saudara-saudara sobat laros. 



Laros
Terima Kasih 






1 komentar untuk "Cara Mudah Interview Tanpa Tekanan di Perusahaan"