Dewi Isis, Dewi Kesuburan yang Dipercaya Masyarakat Romawi dalam Mitologi Mesir

- Rabu, 6 Juli 2022 | 13:10 WIB
Dewi Isis atau Dewi Ates  (YouTube/Dunia Dalam Mata)
Dewi Isis atau Dewi Ates (YouTube/Dunia Dalam Mata)

Laros Media - Dewi Isis atau dikenal dengan Dewi Ates adalah dewi kesuburan dalam Mitologi Mesir yang menjadi pelindung dalam keluarga. 

Terkenal di Mesir, rupanya nama Dewi Isis telah menyebar ke semua koloni Yunani kuno pada masa itu, hingga banyak masyarakat romawi yang juga mempercayai tentang Dewi Isis.

Dalam Mitologi Yunani, terdapat berbagai macam dewa dan dewi yang memiliki kemampuan serta dapat membantu banyak orang untuk mewujudkan impian mereka. 

Baca Juga: Siapa Dewi Kecantikan yang Ada Dalam Mitologi Yunani? Simak Dewi-Dewi Tercantik yang Paling Banyak dikagumi

Salah satu kemampuan yang dimiliki ialah membangkitkan orang mati dan melindungi anak-anak dari Bunda Agung yang dipercaya dalam Mitologi Yunani.

Dikutip Laros Media dari kanal YouTube Dunia Dalam Mata, Dewi Isis dianggap sebagai ibu dari setiap parau atau Fir'aun. Hal ini karena Dewi Isis adalah Ibu dari Dewa Horus yang memiliki hubungan melalui raja-raja Mesir.

Di kepala Dewi Isis terdapat sebuah mahkota yang berbentuk tahta kosong. Saat suaminya Osiris meninggal karena dibunuh, Isis Menggunakan sihirnya untuk membangkitkan suaminya.

Baca Juga: Cerita Mitologi Yunani Berkaitan 12 Bintang Zodiak, Asal Usul Dewa hingga Film Thor Love and Thunder 2022!

Kabar inilah yang membuat Dewi Isis jadi terkenal di Romawi. Dewi Isis, Osiris, dan Horus disebut sebagai Tritunggal Abydos.

Mencapai Sisilia dan Italia pada abad ke-2 M. Hingga pada beberapa waktu kultus dewi Isis menjadi keprcayaan bagi masyarakat Romawi kuno.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X