Lycaon: Manusia Serigala (Werewolf) Pertama Dalam Versi Mitologi Yunani

- Senin, 11 Juli 2022 | 12:15 WIB
Ilustrasi gambar werewolf (merinding.com)
Ilustrasi gambar werewolf (merinding.com)

LAROS MEDIA - Manusia Serigala atau Werewolf sering digambarkan sebagai perwujudan setengah manusia dan setengah serigala yang konon ceritanya akan berubah setiap bulan purnama penuh muncul. 

Dalam mitologi Yunani manusia serigala pertama kali dikisahkan berasal dari seorang raja Arkadia bernama Lycaon. Lycaon memiliki 50 anak laki-laki dari 50 wanita berbeda dan satu anak perempuan.

Sebelum menjadi raja  Lycaon seorang yang setia dan patuh pada Dewa Zeus, serta berperilaku baik dengan suka menjamu tamunya dengan baik. 

Baca Juga: Mengenal Sosok Sebenarnya dari Fenrir, Anak Loki dalam Mitologi Nordik yang Dirantai oleh Para Dewa

Baca Juga: 7 Dewa Dewi Bangsa Viking Dalam Mitologi Nordik, Thor dan Loki Termasuk yang Dipuja

Namun setelah menjadi raja sifatnya berubah menjadi orang yang sombong dan rakus akan kekuasaan, dia bahkan mengadakan ritual persembahan dengan mengorbankan manusia, sesuatu yang sangat dilarang oleh Zeus. Dimata Zeus, Lycaon sudah seperti seekor serigala.

Mengetahui perbuatan nya,  suatu hari Zeus datang menghampiri Lycaon dengan menyamar sebagai kakek pengembara tua yang hendak ingin menemui raja Arkadia teman lamanya. 

Dalam perjalanannya Zeus bertemu dengan salah satu putra Lycaon yang kebetulan ingin pulang setelah menempuh ilmu. Dia anak yang baik berbeda dengan saudara-saudara tirinya nya yang sama sifatnya dengan sang ayah. 

Baca Juga: Mengenal Hel Dewi Kematian Dalam Mitologi Nordik, Wajahnya Separuh Cantik dan Separuh Busuk

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Laros Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X