Mengenal Hypnos, Dewa Tidur Penguasa Mimpi Manusia yang Berhasil Menidurkan Zeus

- Senin, 11 Juli 2022 | 21:10 WIB
Mengenal Hypnos, Dewa  Tidur Penguasa Mimpi (YouTube/Aurel Val)
Mengenal Hypnos, Dewa Tidur Penguasa Mimpi (YouTube/Aurel Val)

Laros Media - Hypnos adalah salah satu dewa dalam Mitologi Yunani, yang bertugas mengawasi mimpi manusia. Dewa Hypnos memiliki saudara kembar yang bernama Thanatos. Ia adalah dewa kematian, yang kadang-kadang dilihat orang Yunani sebagai pertanda kematian yang damai. 

Orang tua Hypnos dan Thanatos adalah Protogenoi Nyx, dewi malam, dan Erebus, dewa kegelapan. Menjadi putra Nyx, Hypnos termasuk salah satu dewa yang sangat dihormati, karena dapat menidurkan seseorang, dan dapat membuat mereka melupakan semua kekhawatiran duniawi mereka, juga Hypnos memungkinkan mereka untuk memiliki mimpi yang menyenangkan.

Diketahui Hypnos dan Thanasos adalah dua saudara yang sangat dekat satu sama lain dan bersama-sama, berhasil membantu manusia dalam menghindari penderitaan yang tidak menyakitkan, yakni mati namun merasakan tidur secara damai. 

Baca Juga: Kisah Echidna Dewi yang Disebut Sebagai Ibu dari Segala Monster dalam Mitologi Yunani! Simak Faktanya

Hypnos sendiri berperan menguasai mimpi orang dan memiliki setengah dari hidup mereka, ia juga turut mengawasi mimpi manusia terutama mimpi para dewa.

Dilansir Laros Media dari kanal YouTube Aurel Val, Hypnos diketahui tinggal di Erebus bersama ayahnya, yang adalah sebuah tanah dengan kegelapan abadi. Dimana rumah Hypnos ada di dalam sebuah gua yang gelap dan dipenuhi tanaman bunga opium poppy.

Bunga Opium poppy ini berada di pulau Lemnos, yang dikatakan dapat menidurkan orang serta membuat orang yang tertidur akan lupa dengan masalah yang dihadapi.

Baca Juga: Dewi Isis, Dewi Kesuburan yang Dipercaya Masyarakat Romawi dalam Mitologi Mesir

Ketika Hypnos digambarkan sebagai makhluk dengan fisik seperti manusia, maka ia adalah seorang pria yang memiliki dua sayap di pundak dan alisnya. Sayap pada di kedua alis Hypnos berfungsi untuk menutupi mata saat tertidur.

Salah satu kisah menarik dari Hypnos adalah ketika ia harus menidurkan Dewa Zeus agar mencegah Zeus bergabung dengan Perang Troya atas permintaan Dewi Hera. Akhirnya Hypnos membuat Zeus tertidur.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: YouTube Aurel Val

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X