Bisa Jadi Panutan Supporter Lain! Ini Dia Fakta Menarik dari Brigata Curva Sud 'BCS' Ultras Terbaik di Asia

- Selasa, 26 Juli 2022 | 11:45 WIB
Bisa Jadi Panutan Supporter Lain! Ini Dia Fakta Menarik dari Brigata Curva Sud 'BCS' Ultras Terbaik di Asia  (Foto/ bcsxpss.com)
Bisa Jadi Panutan Supporter Lain! Ini Dia Fakta Menarik dari Brigata Curva Sud 'BCS' Ultras Terbaik di Asia (Foto/ bcsxpss.com)

LAROS MEDIA - Berikut adalah fakta menarik dari Brigata Curva Sud (BCS) sang supporter ultras nomor 1 di Indonesia dan terbaik di Asia pada 2017.

Brigata Curva Sud berasal dari bahasa Italia yang artinya Brigade Tribun Selatan. Mereka merupakan kelompok yang selalu ada di stadion Maguwoharjo dengan pakaian yang serba hitam tiap kali PSS Sleman akan berlaga.

BCS merupakan ultras yang muncul pada musim 2008-2009. Ciri utama dari kelompok ini adalah mereka tidak pernah berhenti bernyanyi atau mendengungkan lagu yel-yel kebangsaan tim selama pertandingan berlangsung.

Baca Juga: Keributan yang Terjadi Antara Suporter PERSIS Solo dan Warga Jogja Memanas di Tugu Jogja

Para ultras ini juga tidak akan pernah duduk selama pertandingan untuk mendukung timnya yang sedang berjuang.

Dilansir Laros Media dari Channel YouTube CetakGoalIDN, pada awalnya BCS ini hanya terdiri dari sekelompok kecil orang dan masih menjadi bagian dari supporter Slemania.

Tapi kemudian BCS ini berhasil tampil berbeda dan sebagai ultras mereka menempati tribun selatan yang biasanya ditempati oleh supporter tim lawan.

Baca Juga: Masya Allah! Suporter Bola Ini Salat di Tribun Penonton, Awalnya Terlihat Aneh

BCS resmi terbentuk pada tahun 2011, mereka memegang teguh prinsip ‘Ora Muntir’ yang artinya tidak takut atau tidak mudah menyerah pada situasi apapun termasuk bernyanyi dan berdiri selama 90 menit pertandingan berlangsung.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X