Menilik Kecantikan 'Ikan Channa Golden' yang Memiliki Harga Puluhan Juta, Penghobi Wajib Tahu Sebelum Budidaya

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 04:04 WIB
Ikan Golden Channa. /Tangkap Layar Youtube CHANNEL dp
Ikan Golden Channa. /Tangkap Layar Youtube CHANNEL dp

Laros Media - Ikan Channa Golden (Channa aurantimaculata) adalah spesies Channidae yang berasal dari India, namun kini juga dibiakkan oleh para pembudidaya ikan komersial.

Ukuran sedang dan warna cemerlang dengan cepat membuat spesies ini menjadi spesimen populer dalam hobi akuarium.

Dalam hal keluarga ikan berkepala ular, Ikan Channa Golden lebih mungkin hidup berdampingan dengan ikan Siklid, ikan Polypterus atau ikan lele karena ukuran maksimal dan temperamen mereka lebih mudah diatur daripada spesies snakehead yang lebih agresif seperti Channa argus (Gabus Utara) atau Red Snakehead (Toman).

Baca Juga: Berkepala 'Ular', Ini Profil Ikan Channa yang Banyak Diburu Kolektor Ikan Hias Predator

Dikutip Laros Media dari AquariumDomain, Ikan Channa Golden memiliki persyaratan akuarium yang sangat sedikit karena mereka sebenarnya sangat toleran terhadap berbagai kondisi air dan dekorasi tangki.

Namun, seperti anggota lain dari genus mereka, mereka membutuhkan akses ke udara saat mereka bernapas melalui paru-paru primitif yang dikenal sebagai organ suprabranchial.

Ini berarti bahwa mereka harus memiliki akses ke permukaan untuk bernafas, dan mereka akan tenggelam jika akses ini ditolak.

Baca Juga: Yuk! Mengenal Jenis, Perawatan dan Akuarium Ikan Channa Stewartii Sebelum Pelihara Agar Terlihat Lebih Cantik

Bernapas melalui paru-paru berarti bahwa Ikan Channa Golden dapat mentolerir lingkungan dengan tingkat oksigen rendah karena mereka tidak menggunakan oksigen dari kolom air.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X