Channa Marulioides, Ikan Gabus Lokal Harga Gila-gilaan Dikenal dengan 'Emperor Snakehead' Jadi Primadona Orang

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 03:02 WIB
Ikan Jalai (Sumatera), Channa Marulioides. (TangkapLayar /Petpintar.com)
Ikan Jalai (Sumatera), Channa Marulioides. (TangkapLayar /Petpintar.com)

Laros MediaChanna Marulioides atau sering disebut Jalai di Sumatera, Toman Bunga di Melayu, dan Peyang di Kalimantan adalah ikan dari keluarga Channa (gabus-gabusan).

Memiliki ciri fisik yang menarik, dengan warna gelap kebiru-biruan saat masih bayi (fase pertama) saat ukuran masih 3-10 cm.

Pada fase kedua (ukuran 10-30 cm) Maruliodes akan berwarna coklat dengan perut warna putih hampir mirip seperti ikan gabus biasa (channa striata).

Baca Juga: Berkepala 'Ular', Ini Profil Ikan Channa yang Banyak Diburu Kolektor Ikan Hias Predator

Pada fase ketiga yakni saat dewasa 40-100 cm Maruliodes akan mulai menampakkan warna aslinya yakni kekuningan seperti foto diatas.

Dan ketika dewasa akan tumbuh corak berwarna hitam dengan pinggiran putih di sisiknya (bunga), yakni ketika maru memasuki usia 1,5 Tahun dan corak itu akan bertambah banyak seiring dengan bertambahnya umur. Di masing-masing daerah maru memiliki warna dan corak yang berbeda-beda

Di Kalimantan

Marulioides yang sedari kecil hidup di sungai-sungai atau rawa-rawa di Kalimantan ketika dewasa akan memiliki warna orange kemerah-merahan dan hitam yang tegas di badannya.

Baca Juga: Menilik Kecantikan 'Ikan Channa Golden' yang Memiliki Harga Puluhan Juta, Penghobi Wajib Tahu Sebelum Budidaya

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X