Karaktersitik Ikan Channa Melasoma yang Punya Harga Jutaan, Yakin Mau Dijadikan Peliharaan?

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 03:59 WIB
Ikan Channa Mesaloma
Ikan Channa Mesaloma

Laros Media - Ikan Channa Melasoma adalah salah satu dari jenis ikan channa yang tergolong cukup eksotis.

Ikan Channa Melasoma ini kebanyakan berasal dari Thailand bagian selatan, Malaysia, Singapura, Kalimantan, Sumatra, Filipina dan beberapa di pulau Bangka Belitung dan Palawan.

Ukuran dari ikan channa melasoma terbilang tidak begitu besar yaitu sekitar 17 cm. Dengan ukuran tubuh yang tak terlalu kecil menjadikan ikan channa jenis ini bisa bergerak dengan begitu bebas dan gesit.

Karakteristik yang dimiliki oleh Ikan Channa Melasoma adalah pada bagian warna tubuhnya yaitu warna kuning kecoklatan.

Baca Juga: Ingin Coba Pelihara Ikan Channa? Kenali 5 Jenis dan Potret Ikan Termahal di Dunia Ini

Adanya motif garis pada bagian sirip membuat ikan channa jenis ini terlihat lembut. Padahal jika dilihat dari sifatnya, Ikan Channa Melasoma selalu bergerak dengan gesit dan begitu garang dibandingkan jenis ikan channa lainnya.

Habitat Asli Channa Melasoma

Channa melasoma biasa hidup di aliran air hutan jernih dengan substrat lumpur dan serasah daun, tetapi juga tercatat bisa hidup blackwater asam di hutan rawa gambut dan lingkungan keruh. Channa melasoma atau black snakehead ini disarankan tidak digabung dengan ikan lainnya alias soliter. Max size dari black snakehead ini berkisar 30 cm.

Channa jenis ini disebut juga dengan Black Snakehead. Channa Melasoma bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara (ASEAN), seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonseia. Di Indonesai habitat ikan ini berada di Pulau Sumatera, Kalimantan, Bangka, dan Belitung.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X