Selain Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus Juga Peringati Wafatnya WR Supratman: Simak Biografinya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 06:05 WIB
WR Supratman. (Doc. Museum Sumpah Pemuda)
WR Supratman. (Doc. Museum Sumpah Pemuda)

Laros MediaWage Rudolf Soepratman atau biasa dikenal juga dengan WR Supratman merupakan tokoh nasional Indonesia yang berjasa dalam penciptaan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Berkat karya lagu Indonesia Raya yang diciptakannya, hari kelahiran WR Supratman pada tanggal 9 Maret kini diperingati sebagai Hari Musik Nasional sejak tahun 2013.
Tak hanya hari lahirnya saja, tetapi hari wafatnya juga bertepatan pada tanggal 17 Agustus yang mana ini diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia.

Biografi WR Supratman

Dikutip Laros Media dari Museum Sumpah Pemuda, WR Supratman lahir pada Jumat Wage, 9 Maret 1903 di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Tampilkan Tema Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77 17 Agustus 2022, Meriah!

Namun, ada versi lainnya yang menyebutkan bahwa kelahiran WR Supratman pada tanggal 19 Maret.

Walaupun lahir di Desa Somongari, WR Supratman tidak tinggal di sana, tetapi orang tuanya langsung membawanya ke Jatinegara. Itulah kenapa di akte kelahirannya ditulis lahir di Jatinegara.

Semasa hidupnya, WR Supratman menempuh jenjang pendidikan hingga ke Normaalschool (Sekolah Pendidikan Guru).

Namun, WR Supratman memiliki kemampuan bermusik dan sebuah biola dari kakak iparnya W.M. Van Eldick. Bersama kakaknya, WR Supratman mendirikan grup jazz band bernama Black and White.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X