Sejarah Dibalik Lahirnya Lagu Indonesia Raya, Sempat Bernuansa Keroncong Karena....

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Kisah sejarah dibalik lahirnya lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman.
Kisah sejarah dibalik lahirnya lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman.

Laros Media – Lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan negara Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman atau yang biasa dikenal dengan WR Supratman.

Lahir pada zaman pendudukan Belanda, dalam lirik lagu Indonesia Raya terkandung semangat dan cita-cita kemerdekaan para pejuang kemerdekaan Indonesia untuk bebas dari penjajahan Belanda. Salah satu pejuangnya adalah WR Supratman.

Artikel ini akan membahas kisah sejarah dibalik lahirnya lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman.

Baca Juga: Mengenal Wastana Haikal, Ilustrator yang Menggambar Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-77

Dikutip Laros Media dari Direktorat Sekolah Menengah Pertama, penciptaan lagu Indonesia Raya oleh WR Supratman bermula ketika beliau membaca artikel mengenai “Manakah komponis Indonesia yang bisa menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang dapat membangkitkan semangat rakyat?” dalam majalan Timboel terbitan Solo, Jawa Tengah.

WR Supratman yang mendapatkan inspirasi baru, lalu segera menggubah lagu tentang Indonesia.

Pada malam harinya di tahun 1926, WR Supratman mulai menuliskan not-not lagu Indonesia dan membuat iringan nadanya menggunakan biola. Sebagai kaum terpelajar, WR Supratman tidak pernah absen menghadiri Kongres Pemuda I dan II.

Baca Juga: Selain Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus Juga Peringati Wafatnya WR Supratman: Simak Biografinya

Pada kesempatan Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw, Jl. Kramat Raya 106, lagu Indonesia Raya yang diciptakannya pertama kali diperdengarkan dengan alat musik biola dan tanpa lirik. Sejak saat itu, WR Supratman menjadi semakin populer.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X