Kisah Mitos dan Sejarah Makhluk Mitologi Kuda Sembrani Menurut Jawa dan Islam, Tunggangan Para Raja Nusantara

- Sabtu, 17 September 2022 | 05:00 WIB
Kisah Mitos dan Sejarah Makhluk Mitologi Kuda Sembrani Menurut Jawa dan Islam Tunggangan Para Raja Nusantara (pixabay.com)
Kisah Mitos dan Sejarah Makhluk Mitologi Kuda Sembrani Menurut Jawa dan Islam Tunggangan Para Raja Nusantara (pixabay.com)

Laros Media - Kuda Sembrani adalah hewan mitologi yang diambil dari legenda masyarakat  Nusantara yang menggambarkan seekor kuda bersayap yang bisa terbang dan sangat pemberani.

Kuda Sembrani ini diyakini terinspirasi dari Unicorn dalam mitologi Yunani.

Kuda Sembrani ini jika di dunia nyata dipercaya sebagai mustika.

Dalam cerita pewayangan, kuda Sembrani adalah kuda Batara Wisnu.

Sedangkan menurut hikayat orang Jawa, Sembrani merupakan sarana transportasi bagi raja, ratu dan senopati yang konon menurut cerita saat perjalanan selalu menggunakan kuda Sembrani agar dapat dengan mudah dan cepat sampai ke tempat tujuan.

Dipercaya bahwa kuda Sembrani adalah tunggangan raja-raja Indonesia dalam sejarah untuk berteleportasi karena mitosnya adalah bahwa begitu sayap kuda Sembrani mengepak, ia dapat menempuh jarak berkilo-kilometer.

Kisah Tanah Jawa dalam video Youtube menyebutkan bahwa para raja menggunakan kuda ini untuk pergi ke Mekkah untuk menjalankan ibadah.

Baca Juga: Mitos Kutukan Berlian Kohinoor yang Ada di Mahkota Ratu Elizabeth II

Sejarah dan Mitos Kuda Sembrani Menurut Jawa dan Islam

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X