Kisah Dewa Laut Tagaroa yang Terlupakan, Mungkinkah Mahluk Mitologi Minahasa ini Raja Atlantis Sebenarnya?

- Kamis, 22 September 2022 | 10:05 WIB
Kisah Dewa Laut Tagaroa, Mahluk Mitologi Minahasa yang diduga sebagai Raja Atlantis Sebenarnya (Tangkapan Layar YT Minahasa Waya)
Kisah Dewa Laut Tagaroa, Mahluk Mitologi Minahasa yang diduga sebagai Raja Atlantis Sebenarnya (Tangkapan Layar YT Minahasa Waya)

LAROS MEDIA - Inilah kisah makhluk mitologi Minahasa yang disebut Dewa Laut atau Apo Tasik di dalam kepercayaan Malesung.

Dewa tertinggi yang dibawa oleh nenek moyang orang Austronesia itu bernama Tagaroa, tetapi namanya sudah terlupakan.

Hal itu juga termasuk Minahasa yang hanya sebagian orang saja mengetahuinya dan hanya orang Sangihe dan Talaud yang masih mengingatnya karena kehidupan mereka sangat dekat dengan laut ini.

Dilansir Laros Media dari YouTube Minahasa Waya, Tagaora disebut Dewa laut yang melindungi nenek moyang ketika berlayar meninggalkan Taiwan untuk menemukan tanah air baru.

Baca Juga: Mengenal Curupira, Mahluk Mitologi yang Menjadi Referensi Sun God Nika dari Buah Iblis Luffy One Piece

Baca Juga: 6 Fakta Mengerikan Ratu Elizabeth II Jarang Diketahui Publik Hingga Konspirasi yang Menyebutnya Jelmaan Reptil

Meskipun sudah banyak yang lupa, tetapi namanya sekarang dijadikan nama arah mata angin Tenggara. Tenggara sebagai arah mata angin berasal dari nama Tagaroa.

Tagaroa adalah Dewa yang datang bersamaan nenek moyang dari Taiwan dan namanya selalu dibawa kemana-mana dan berubah sesuai dengan pengaruh budaya yang kemudian diterima oleh nenek moyang.

Ada yang terkena pengaruh Hindu Budha di Sumatera, Jawa dan pesisir Kalimantan serta Sulawesi.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Sumber: YouTube Minahasa Waya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X