Apa Efek Gas Air Mata Bagi Tubuh Manusia? Bagaimana Dampak Terburuk dan Gejala Jika Terkena, Ini Penjelasannya

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 18:46 WIB
Apa Efek Gas Air Mata Bagi Tubuh Manusia? (Pixabay/Hubert2T )
Apa Efek Gas Air Mata Bagi Tubuh Manusia? (Pixabay/Hubert2T )

Laros Media - Tragedi yang terjadi baru-baru ini membuat orang dari seluruh dunia terfokuskan akan penggunaan Gas Air Mata demi untuk membubarkan massa.

Terbaru, kerusuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan, Malang, diduga banyak yang menyebutkan bahwa jumlah korban yang meninggal terjadi karena asap yang dikeluarkan oleh gas air mata.

Lebih dari 170 jiwa melayang atas tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 saat usai pertandingan antara Arema vs Persebaya.

Baca Juga: Apa Itu Gas Air Mata? Berikut Ini Sejarah dan Penggunaan Pertama Kalinya Demi Kendalikan Kerusuhan dan Massa

Kontak dengan gas air mata menyebabkan iritasi pada sistem pernapasan, mata, dan kulit. Rasa sakit terjadi karena bahan kimia dalam gas air mata mengikat salah satu dari dua reseptor rasa sakit yang disebut TRPA1 dan TRPV1.

TRPA1 adalah reseptor rasa sakit yang sama dengan minyak dalam mustard, wasabi, dan lobak untuk memberi mereka rasa yang kuat. Gas CS dan CR lebih dari 10.000 kali lebih kuat daripada minyak yang ditemukan dalam sayuran ini.

Tingkat keparahan gejala yang Anda alami setelah terpapar gas air mata dapat bergantung pada:

Baca Juga: Bencana Tragedi Sepak Bola Terbesar di Dunia yang Terjadi di Peru pada 1964, Ternyata Pencetusnya Gas Air Mata!

1. Apakah Anda berada di ruang tertutup atau ruang terbuka

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X