Asal Usul Pamali di Indonesia: Melanggar Adat Mengundang Petaka

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
Sejarah pamali di Indonesia
Sejarah pamali di Indonesia

Laros Media - Pamali itu sendiri dikenal sebagai larangan dan pantangan, biasanya apabila ada orang yang telah melanggar suatu adat maka ia akan mendapat kutukan atau musibah.

Dikutip Laros Media dari berbagai sumber, kata Pamali ini pun telah digunakan oleh orang-orang zaman dahulu, biasanya sering disebutkan orang tua kita dengan maksud melarang agar tidak melakukan suatu tindakan tertentu.

Sedangkan istilah kata Pamali itu sendiri bahasa Sunda yang berarti “ Tidak Boleh / Pantangan” Biasanya Pamali sering diungkapkan oleh orang tua kepada anaknya atau kepada sanak saudaranya.

Baca Juga: Berani Coba? Berikut 9 Pantangan yang Bila Dilanggar Konon Bisa Membawa Masalah Seperti di Film Pamali

Baca Juga: Baru Tayang! Ini Harga Tiket dan Cara Belinya untuk Film Pamali, Ada Promo Buy 1 Get 1 dari 6-9 Oktober 2022

Sedangkan menurut KBBI Pamali atau Pemali memiliki artian larangan, pantangan (berdasarkan adat dan kebiasaan).

Menghindari hal yang pamali sudah menjadi bagian dari kehidupan sosial budaya masyarakat Sunda dan Jawa Barat pada umumnya. 

Kebiasaan ini terkait erat dengan prinsip-prinsip orang Sunda semacam tarapti (tertib), siloka (meminjam kata atau bahasa lain dengan bertujuan untuk tidak membuat tersinggung perasaan orang lain), ramah tamah someah hade ka semah (berperilaku sopan santun dan ramah pada tamu), teu adigung adiguna luhur kuta gede dunya (tidak sok/sombong/angkuh atau pamer), dan handap asor (merendah tidak ingin menonjolkan diri). 

Baca Juga: Selain Film Pamali, Berikut 5 Cerita dalam Alur Game yang Diadaptasi ke Layar Lebar, Ada yang dari Indonesia?

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X