10 Tips Mengatasi Sakit Kepala Migrain Saat Bepergian

- Selasa, 28 Juni 2022 | 09:25 WIB
Bepergian jauh dapat menyebabkan migrain, sehingga menghambat kenyamanan selama perjalanan. (PIXABAY/Bertsz)
Bepergian jauh dapat menyebabkan migrain, sehingga menghambat kenyamanan selama perjalanan. (PIXABAY/Bertsz)

LAROS MEDIA - Migrain atau sakit kepala biasa terjadi ketika sedang melakukan perjalanan jauh karena pekerjaan ataupun berlibur. Utamanya bagi mereka yang tidak biasa bepergian dengan jarak yang cukup jauh.

American Migraine Foundation (AMF) menyebutkan bahwa melakukan perjalanan atau bepergian merupakan pemicu migrain yang paling terkenal.

Ketika bepergian jauh, secara otomatis akan terjadi perubahan pola istirahat dan makan, serta cuaca ataupun suhu udara. Hal-hal tersebut merupakan pemicu umum yang menyebabkan migrain.

Baca Juga: Atur Kembali Pola Tidur, ini 5 Akibat Buruk Tidur Di Waktu Sore Hari, Salah satunya Sakit Kepala

Jika migrain sudah kronis, maka tidak menutup kemungkinan akan terserang stress. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal yang membahayakan, berikut ini sepuluh tips mengatasi sakit kepala migraine saat bepergian:

1. Membuat rencana ke depan

Sebelum berangkat perjalanan jauh, baiknya anda membuat perencanaan yang matang. Perkirakan berapa lama waktu yang akan ditempuh untuk perjalanan, dan kebutuhan apa yang perlu disiapkan untuk menempuh perjalanan tersebut.

Persiapkan barang yang akan dibawa, setidaknya sehari sebelumnya. Tidak perlu berlebihan, namun bisa mencukupi kebutuhan anda selama di perjalanan.

Baca Juga: Penyebab, Solusi, dan Tips Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Puasa

Rencanakan waktu dan tempat untuk istirahat yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan, terutama bagi anda yang mengemudi.

2. Tidur yang teratur

Mengubah pola tidur membuat anda lebih rentan terserang migrain. Usahakan anda bisa mempertahankan pola tidur secara konsisten walaupun sedang melakukan perjalanan.

AMF juga menyarankan agar mencoba tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam pada malam hari seperti biasa, dan menghindari tidur di siang hari.

Baca Juga: 3 Resep Obat Herbal Penambah Hasrat Bagi Suami Istri yang Akan Memperlama Hubungan Intim, Cek Disini

3. Hindari makanan yang memicu migrain

Salah satu hal yang menarik setiap bepergian ke tempat yang baru yaitu menikmati masakan lokal atau makanan khas daerah tersebut. Namun jika anda mengetahui jika makanan tersebut terbuat dari makanan yang dapat memicu migrain, maka hindari makanan tersebut.

Perlu diperhatikan juga kadar kafein pada makanan ataupun minuman yang anda konsumsi, karena menurut AMF kafein dapat menyebabkan migraine. Begitu pula dengan anggur merah dan jenis alcohol yang lain.

4. Minum air yang cukup

Menurut AMF, sekitar sepertiga orang yang mengalami sakit migrain mengatakan bahwa pemicunya adalahh dehidrasi.

Baca Juga: Jangan Sepele, Ini Obat Saat Bepergian Yang Harus Dibawa, Cocok Untuk Arus Balik, Mudik dan Travelling

Oleh karena itu pastikan tubuh anda tetap terhidrasi, terutama ketika sedang melakukan perjalanan penerbangan, menghabiskan waktu di iklim panas, atau sedang dalam aktivitas fisik yang berat seperti hiking, ski, atau berenang.

5. Jangan berlebihan

Ketika sedang mengunjungi tempat baru, tentunya anda akan mencoba melakukan hal baru dengan iklim baru ataupun mengonsumsi makanan yang sebelumnya jarang atau bahkan belum pernah dikonsumsi. Dalam penyesuaian tersebut hendaknya tidak dilakukan secara berlebihan.

6. Hindari potensi resiko

Seseorang yang rentan terkena migrain biasanya sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang atau berkedip-kedip, panas yang ekstrim, dan bau yang menyengat. Sehingga disarankan bagi anda untuk meminimalisir papaparan yang dapat memicu migrain tersebut.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berhubungan Intim Saat Turun Hujan? Jadi Basah Dong

Kamis, 18 Agustus 2022 | 05:00 WIB
X