Libur Sekolah telah Tiba, Lakukan 10 Hal ini Sebelum Melakukan Penerbangan Bersama Anak

- Selasa, 28 Juni 2022 | 20:37 WIB
Anak akan merasa sangat senang ketika mereka diberi kesempatan membawa koper sendiri ketika bepergian
Anak akan merasa sangat senang ketika mereka diberi kesempatan membawa koper sendiri ketika bepergian

LAROS MEDIA - Libur panjang kenaikan kelas telah tiba, sekarang adalah waktu yang tepat untuk liburan bersama anak tercinta. Setelah setiap hari dituntut berangkat pagi dan pulang sore, sepertinya akan menjadi liburan yang mengesankan jika anak diajak bepergian jauh dengan penerbangan.

Walaupun terkadang seorang anak lebih memilih untuk mengisi waktu liburnya dengan bermain game online di rumah, namun perlu diajak untuk kegiatan di luar ruangan. 

Melakukan perjalanan penerbangan merupakan pilihan yang mungkin akan menjadi hal menarik bagi anak.

Baca Juga: 4 Danau Tempat Wisata Terindah di Indonesia, Ternyata Menyimpan Cerita Mistis dan Haru, Apa Saja?

Karena jika hanya berkutik dengan game online saja juga akan berpengaruh tidak baik untuk kesehatan anak. Melakukan aktivitas di tempat baru akan banyak menambah pengetahuan dan pengalaman anak.

Alangkah baiknya anda mencoba mengajak anak tercinta untuk melihat dunia luar. Berikut beberapa tips agar anak anda bersemangat melakukan perjalanan penerbangan:

  1. Beri kesempatan kepada anak untuk membawa beberapa barangnya sendiri dengan menggunakan koper kecil atau ransel. Mendorong koper di bandara adalah hal yang menyenangkan bagi anak kecil, apalagi ditambah dengan gantungan yang lucu dan menarik.
  2. Berikan label nama pada koper anak. Biarkan anak menulis namanya sendiri atau membantu anda menulisnya. Secara tidak langsung mereka akan belajar menulis dan mengeja namanya. Anda juga dapat memintanya untuk menambahkan warna, gambar atau sticker untuk mempercantik label namanya.
  3. Berikan anak buku yang membahas tentang tempat tujuan liburan anda. Di samping belajar membaca, mereka juga akan mempelajari keadaan tempat yang akan dikunjungi di kemudian hari.
  4. Tunjukkan gambar-gambar hewan, tumbuhan atau kenampakan alam lain yang sekiranya akan anak lihat selama bepergian. Anda bisa memintanya untuk mewarnai gambar tersebut untuk mengasah kreatifitas anak.
  5. Pikirikan permainan apa yang bisa anda berikan kepada anak sekiranya dapat menghilangkan rasa bosan mereka untuk menjaga mood tetap bahagia.
  6. Buatlah kerajinan bendera menggunakan kertas karton, lalu potong-potong. Biarkan anak menyusun potongan-potongan tersebut sehingga menjadi bendera negara tujuan anda.
  7. Kerajinan rantai kertas untuk menghitung mundur hari keberangkatan sangat menyenangkan. Kerajinan tersebut dapat diletakkan di kamar anak agar mereka selalu ingat jika mereka akan bepergian.
  8. Beri kesempatan anak untuk menentukan pakaian mana dan buku apa yang ingin mereka bawa. Sehingga anak merasakan bahwa mereka adalah bagian dari keseluruhan proses yang menyenangkan ini.
  9. Ketika hari penerbangan telah tiba, berikan hadiah kecil yang membahagiakan mereka agar bersemangat memulai hari untuk perjalanan jauh.
  10. Jika ini adalah hari pertama mereka naik pesawat, tunjukkan video kartun menyenangkan dimana mereka merasa akan terbang ke tempat yang mereka inginkan. Atau izinkan mereka melakukan hal-hal yang mereka sukai, seperti menggambar atau mewarnai.

Baca Juga: 5 Manfaat Travelling untuk Kesehatan Mental Anda

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membuat anak bersemangat dan merasa bahagia ketika akan bepergian dengan penerbangan.***

 

Halaman:

Editor: Rezki Putri

Sumber: instyle.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X