Anda Sering Menggunakan Alat Pelurus? Simak 6 Tips Mengurangi Kerusakan Rambut

- Jumat, 1 Juli 2022 | 11:30 WIB
Menggunakan pelurus rambut tanpa perawatan yang cukup dapat menyebabkan kerusakan rambut. (Freepik/ Prostooleh )
Menggunakan pelurus rambut tanpa perawatan yang cukup dapat menyebabkan kerusakan rambut. (Freepik/ Prostooleh )

LAROS MEDIA - Setiap orang pasti mendambakan rambut yang cantik dan sehat. Penampilan rambut yang rapi dan teratur dapat menambah rasa percaya diri. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan pelurus rambut. Namun sering terdengar jika pelurus rambut dapat menyebabkan keruskan bukan?

Hal tersebut benar adanya, apalagi jika pelurus rambut digunakan secara berulang-ulang. Panas yang dihasilkan oleh alat tersebut mampu merusak elemen kandungan rambut asli anda.

Penting untuk diketahui cara menghindari kerusakan rambut bagi anda yang sering menggunakan pelurus atau alat catok rambut. Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda terapkan di rumah:

Baca Juga: Ingin Tampil Rambut Sehat? Gunakan 7 Bahan Alami Ini Klaim Ampuh Menghilangkan Ketombe!

1. Gunakan alat pelurus rambut yang dapat diatur suhunya

Saat menggunakan alat pelurus, pernahkah anda mencium bau terbakar? Ada kemugkinan jika alat pelurus yang anda gunakan tersebut membakar bagian helai rambut.

Karena tingkat ketebalan helai rambut setiap orang berbeda, tentunya perlu adanya pengaturan suhu yang harus disesuaikan. Disarankan bagi anda yang memiliki rambut tipis atau halus, gunakan suhu yang lebih rendah.

Baca Juga: Ketahui Penyebab dan Tips Perawatan Rambut Keriting yang Rusak, Asupan Air Minum juga Mempengaruhi

2. Pertimbangkan untuk menggunakan pelurus keramik

Jika anda ingin meluruskan rambut, gunakan pelurus yang memiliki pelat keramik. Pelurus dari keramik memiliki ion bermuatan negatif sehingga mampu melindungi rambut anda.

3. Jangan pernah menggunakan alat pelurus pada rambut yang basah

Ketika rambut anda dalam kondisi basah, jangan sekali-kali menggunakan alat pelurus. Kelambapan rambut basah dapat dengan cepat mengalahkan suhu tinggi pada pelurus anda.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 7 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Agar Rambut Tumbuh Sehat

Meskipun di awal penggunaan akan terlihat baik-baik saja, namun pada akhirnya akan merusak tekstur rambut anda dan membuatnya menjadi keriting. Oleh sebab itu, pastikan rambut anda benar- benar kerning sebelum menggunakannya.

4. Hindari catok rambut di area yang sama secara berulang-ulang

Banyak orang yang tidak sadar jika mencatok rambut di satu bagian dengan berulang kali dapat menyebabkan kerusakan. Sebaiknya anda cukup menggerakkan alat pelurus rambut dalam satu gerakan saja. Ini akan membuat rambut anda tetap sehat dan rapi.

5. Pastikan anda merawat rambut secara teratur

Setelah menggunakan alat pelurus dengan suhu tinggi, wajar saja jika akan terjadi kerusakan di beberapa bagian rambut anda. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memberikan perawatan lebih untuk rambut kesayangan anda.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut Sehat, Simak Tips Sederhana yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Perawatan rambut dapat dilakukan di salon atau dengan menggunakan masker rambut di setiap akhir pekan untuk membantu pemulihan energi pada rambut anda. Vitamin rambut juga dapat menutrisi rambut cantik anda agar selalu sehat.

6. Gunakan serum atau pelindung panas

Untuk mencegah kerusakan helai rambut yang disebabkan panas dari alat pelurus rambut, alangkah baiknya jika anda melindunginya terlebih dahulu dengan menggunakan semprotan pelindung panas atau serum pada rambut anda.

Keduanya dapat mencegah kerusakan akibat panas dan juga bisa membuat rambut anda lebih berkilau.

Baca Juga: Tips Menjaga Rambut Tetap Sehat dan Kuat, Rutinitas Keramas dan Mengeringkan Rambut yang Benar

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X