Macam Penyakit Hernia, Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora Sampai Dioperasi

- Kamis, 22 September 2022 | 12:20 WIB
Macam Penyakit Hernia, Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora Sampai Dioperasi
Macam Penyakit Hernia, Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora Sampai Dioperasi

LAROS MEDIA - Belakangan beredar tentang berita anak dari  Rizky Billar dan Lesti Kejora yang terkena penyakit Hernia hingga dilarikan ke rumah sakit.

Mari kita belajar tentang macam-macam Hernia agar kita tau dan waspada agar dapat mencegah adanya penyakit Hernia yang akan menyerang kita.

Ada dua jenis utama hernia, yakni eksternal dan internal.

Baca Juga: Apa Itu Hernia, Sakit yang Buat Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora Operasi

Sebagian besar hernia bersifat eksternal. Artinya, organ itu menyebabkan tonjolan yang terlihat dari luar tubuh. Bila hernia terjadi secara internal, tonjolan berada di dalam tubuh.

Hernia bisa terjadi pada di beberapa lokasi tubuh. Ada setidaknya tujuh jenis hernia berdasarkan lokasinya:

Baca Juga: Hernia, Kenali Penyebab Hingga Cara Mengobatinya

  • Hernia inguinalis: terjadi ketika ada bagian dari usus mendorong ke dalam saluran di dinding bawah perut yang disebut kanal inguinal, sehingga timbul tonjolan di perut bagian bawah kanan atau kiri.
  • Hernia femoralis: terjadi saat ada bagian dari usus atau jaringan lain yang masuk dan menonjol di antara paha bagian atas dan selangkangan. Paling sering didapati pada wanita.
  • Hernia epigastrium: kondisi ketika organ dalam perut menonjol keluar di garis tengah perut, antara pusar dan tulang dada. Hernia epigastrik dapat terjadi pada siapa saja, baik pada orang dewasa maupun bayi baru lahir.
  • Hernia umbilikalis: kondisi di mana bagian usus menonjol keluar dari pusar. Kondisi ini umumnya terjadi pada bayi dan tidak berbahay
  • Hernia hiatus: kondisi ketika sebagian lambung menonjol ke dalam rongga dad
  • Hernia insisional: kondisi ketika sebagian usus mendorong dinding perut yang terjadi setelah operasi perut, ketika daerah sayatan operasi masih lemah.
  • Hernia spigelian: terjadi saat ada bagian dari usus mendorong jaringan ikat perut (Spigelian fascia) sehingga terjadi benjolan di bagian bawah pusar.

Baca Juga: 5 Mitos Penyakit Diabetes yang Selalu Dipercaya Masyarakat, Ternyata Begini Faktanya dari Kemenkes

Tingkat keparahan hernia bervariasi, dari ringan hingga berat. Hernia yang awalnya ringan bisa berubah menjadi berat jika tak segera diatasi.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X