Di Hari Anak Sedunia, Laki-Laki Harus Tahu Fakta Ini! 10 Tips Parenting untuk Ayah hingga Hasil Riset Terkuak!

- Minggu, 20 November 2022 | 17:08 WIB
Ilustrasi kedekatan ayah dengan anaknya, karena parenting yang baik. (Istimewa)
Ilustrasi kedekatan ayah dengan anaknya, karena parenting yang baik. (Istimewa)

LAROS MEDIA -- Hari ini, seluruh negara di dunia sedang merayakan Hari Anak Sedunia. Momen ini pun dimanfaatkan oleh sebagian orang tua, baik ayah maupun ibu, untuk mengekspresikan kasih sayangnya. Meski begitu, banyak juga yang belum mengetahui adanya Hari Anak Sedunia yang jatuh pada 20 November 2022 ini.

Hari Anak Sedunia 2022 mengingatkan kita akan peran penting sebagai orang tua. Bagaimana kedua orang tua, baik ayah maupun ibu, mampu untuk saling bekerja sama membesarkan dan mendidik sang anak dengan sebaik-baik didikan.

Hari Anak Sedunia ini seyogyanya bisa menjadi momen untuk merefleksikan bagaimana menjadi teladan yang baik untuk anak, baik anak kandung maupun anak-anak bangsa pada umumnya.

Baca Juga: Jurnalis Tak Dilarang Punya Pilihan Politik, Begini Tips Dari CEO ProMedia Agar Netralitas Tetap Terjaga

Karena bagaimanapun, mendidik dan mengasuh anak bukanlah semata-mata tugas ibu atau perempuan, tetapi peran Ayah atau sosok laki-laki juga tidak kalah besar.

Bahkan, ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa sosok ibu dan sosok ayah memiliki pengaruh yang sama besarnya untuk tumbuh kembang anak.

Para psikolog di Universitas of Cambridge Inggris yang meneliti tentang peran ayah maupun ibu dalam pengasuhan juga menemukan fakta bahwa peran ayah sangat penting bagi perkembangan anak.

Anak yang ayahnya terlibat dalam pengasuhan (parenting) sejak bayi menunjukkan perkembangan kognisi yang lebih baik, memiliki keterampilan sosial (bergaul) yang lebih baik, serta mampu mengelola emosinya dengan baik.

Baca Juga: Sudah Sah! Ini 38 Provinsi yang Ada di Indonesia, Cek Juga Ibu Kotanya!

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Terkini

X