Jangan Sembarangan! Ini 5 Cara Mengatasi Trauma Akibat Gempa pada Anak, Salah satunya Jangan Paksa Bicara

- Selasa, 29 November 2022 | 18:46 WIB
Ilustrasi Cara Mengatasi Trauma Akibat Gempa pada Anak.
Ilustrasi Cara Mengatasi Trauma Akibat Gempa pada Anak.

Laros Media - Anak-anak yang terkena dampak gempa bisa mengalami trauma yang cukup serius.

Oleh karena itu, perlu diketahui cara untuk membantu mereka mengatasi rasa takut dan trauma.

Saat gempa terjadi, beberapa jenis kerusakan bisa terjadi. Misalnya, rumah hancur atau anggota keluarga serta teman yang hilang.

Selain itu, ada kondisi lain yang dapat ditimbulkan oleh bencana alam, yakni gangguan psikologis, terutama pada anak-anak, seperti stres, kecemasan, dan trauma.

 Baca Juga: HOT MOM ini terpaksa mengeluarkan anak-anak dari sekolah dan pindah ke pertanian setelah reaksi OnlyFans

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan trauma anak pasca gempa terjadi langsung di lokasi gempa, yaitu hilangnya anggota keluarga, teman dekat dan luka fisik.

Saat Anda dalam keadaan ini, penting bagi orang yang Anda cintai untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasi trauma masa kecil.

Berikut beberapa caranya seperti dikutip Laros Media dari berbagai sumber untuk mengatasi trauma akibat gempa pada anak.

 Baca Juga: Di Hari Anak Sedunia, Laki-Laki Harus Tahu Fakta Ini! 10 Tips Parenting untuk Ayah hingga Hasil Riset Terkuak!

Tanamankan Kepercayaan Diri

Meyakinkan anak bahwa mereka akan selalu baik-baik saja dapat membantu mereka merasa lebih nyaman. Pendekatan ini dapat dilakukan dengan komunikasi terbuka dan berbicara pelan-pelan.

Hindari memarahi anak Anda ketika mereka menangis, karena ini hanya akan memperburuk keadaan dan dapat membuat pemulihan pasca gempa menjadi lebih sulit.

Jangan Paksa Anak untuk Berbicara

Biarkan anak-anak Anda memilih, posisikan diri Anda sebagai pendengar atau penerima ketika mereka ingin bercerita dan jangan memaksa mereka untuk berbicara ketika mereka memilih untuk diam.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X