Kasus COVID19 Omicron Pertama Dilaporkan Di Korea Utara, Kim Jong Un Perintahkan Korea Utara Lockdown Total

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:14 WIB
Presiden Kim Jong  Un / wikipedia
Presiden Kim Jong Un / wikipedia

Laros media - Tepat pada hari Kamis 12 Mei 2022 media resmi pemerintah Korea Utara (KCNA)  melaporkan adanya kasus virus COVID19 varian Omicron yang terjadi di Ibu Kota Korea Utara Pyongyang.

Kasus yang dilaporkan ini merupakan yang pertama kali terjadi di Korea Utara setelah pandemi sejak terjadi pada tahun 2020.

Menurut laporan dari KCNA, Jenis virus yang dideteksi adalah varian omicron BA.2 dan pasien yang terjangkit mengalami gejala demam. 

Baca Juga: Daging dari Ternak yang Terkena Wabah PMK Masih Aman Dikonsumsi Asal Penuhi Syarat Berikut

Wabah ini ditemukan lima hari yang lalu dan tidak disebutkan secara pasti berapa jumlah pasien yang terjangkit virus tersebut.

KCNA menyatakan jika pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sudah berjanji untuk memberantas habis wabah yang terjadi di negaranya dan menyebutnya sebagai “darurat nasional yang serius” dan akan berupaya dengan maksimal untuk mengendalikan penyebarannya.

Orang nomor satu di Korea Utara tersebut juga menyerukan kepada masyarakat agar tetap berjuang dan tidak perlu khawatir dengan berlebihan dalam menghadapi situasi saat ini.

Baca Juga: Hepatitis Akut Misterius Bisa Jadi Pandemi? Begini Penjelasan Kemenkes

"Musuh yang lebih berbahaya bagi kita ketimbang virus berbahaya ini adalah rasa takut yang tak sesuai sains, kurangnya kepercayaan dan lemahnya tekad," ungkap Kim Jong-un.

Halaman:

Editor: Sri Malahayati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X