Analisis Isi Esai "On the Historical Unity of Russians and Ukrainians”, Vladimir Putin : Ukraina Boleh Merdeka

- Selasa, 14 Juni 2022 | 09:25 WIB
Ilustrasi sumber youtube perpecahan ukraina dan rusia (Ferry Irwandi)
Ilustrasi sumber youtube perpecahan ukraina dan rusia (Ferry Irwandi)

LAROS MEDIA - Pada bulan Februari 2022 lalu Rusia memutuskan invasi Ukraina. Ada beberapa factor yang melatarbelakanginya.

Dalam esai yang dibuat Presiden Rusia Vladimir Putin pada tahun 2021 berjudul "On the Historical Unity of Russians and Ukrainians," atau artinya “Tentang Kesatuan Sejarah Rusia dan Ukraina” yang dipublis di situs resmi Kremlin, Vladimir Putin menggambarkan bagaimana dia melihat Ukraina.

Di channel Youtube Ferry Irwandi yang berjudul "Bagaimana Akhir dari Perang Rusia dan Ukraina? Final Episode" memberikan penjelasan singkat soal esai tersebut yakni,

Baca Juga: Pasukan Rusia Kembali Lancarkan Serangan Baru ke Kota Utama Ukraina di Timur

Di bab pertama : Vladimir Putin menyatakan dengan keras bahwa orang Rusia dan Ukraina adalah satu kesatuan dengan dasar bahasa, agama dan historis. Tidak bisa disangkal semua orang tahu bahwa sejarah Ukraina dan Rusia memang sangatlah panjang dari satu nenek moyang hingga satu kerajaan di zaman dulu.

Bab kedua : Vladimir Putin menjelaskan terbentuknya Ukraina moderan terbentuk yang menurut Putin sendiri dibentuk oleh Bolsheviks yakni partai penguasa Uni Soviet kala itu.

Menurutnya Ukraina moderan yang dikenal saat ini garis-garis batas dan gambar ditentukan oleh Bolsheviks.  

Baca Juga: Presiden Volodymyr Zelensky Geram, Desak Negara Uni Eropa Berhenti Bermain-Main Dengan Perang Rusia Ukraina

Fakta sejarahnya adalah negara kesatuan Ukraina sebenarnya sudah berdiri dan menyatakan kemerdekaanya sebelum tentara Bolsheviks masuk 1917, baru setelah itu tahun 1919 tentara Bolsheviks masuk.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KFC di Tiongkok Jualan Ceker, Intip Apa Sebabnya!

Sabtu, 24 September 2022 | 09:47 WIB
X