Diperingati Setiap Tanggal 14 Agustus, Inilah Sejarah Hari Pramuka Dunia Dari Awal Berdiri Sampai Saat Ini

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:00 WIB
Hari Pramuka Dunia
Hari Pramuka Dunia

Laros Media - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal 14 Agustus, inilah sejarah Pramuka (Praja Muda Karana) di dunia sampai ke Indonesia.

Pada 14 Agustus 2022, hari pramuka sudah menginjak ke 61 tahun dan sejarah pramuka wajib kamu ketahui mulai dari awal berdiri sampai sekarang ini.

Dikutip tim Laros Media dari laman wealdscoutdistrict.org, sejarah pramuka pertama kali dimulai pada tahun 1907 dan didirikan oleh seseorang yang bernama Robert Baden Powell.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Pramuka ke-61 2022, Cocok untuk Diunggah ke Medsos

Baden Powell merupakan seorang letnan jenderal di Angkatan Darat Inggris dan merupakan orang yang berperan penting dalam sejarah pramuka dunia.

Pada tahun 1899, selama berlangsungnya perang Boer kedua di Afrika Selatan, Baden Powell berhasil mempertahankan kota Mafeking dalam pengepungan yang berlangsung selama tujuh bulan.

Pasukan dari Baden Powell mengalami kendala pada jumlah anggota, sehingga Baden meminta anak laki-laki setempat untuk dapat memberikan pertolongan pertama, membawa pesan serta menjalankan tugas.

Baca Juga: Hari Pramuka Kapan Diperingati? Peringatannya Ternyata 3 Hari Sebelum Kemerdekaan Tanah Air

Saat kembali ke Inggris, Baden Powell tersadar bahwa anak laki-laki di rumah dapat mengambil manfaat dari kegiatan yang serupa dengan anak laki-laki di Mafeking.

Halaman:

Editor: Fajri Wildana

Sumber: Weald Scout District

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KFC di Tiongkok Jualan Ceker, Intip Apa Sebabnya!

Sabtu, 24 September 2022 | 09:47 WIB

Dampak Besar Setelah Wafatnya Queen Wlizabeth II

Selasa, 13 September 2022 | 17:56 WIB
X