5 Gempa Paling Dahsyat yang Terjadi di Indonesia, Efeknya Sampai Memperpendek Durasi Rotasi Bumi

- Senin, 29 Agustus 2022 | 20:30 WIB
ilustrasi Gempa Afganistas Yang Tewaskan Ribuan Orang (pixabay)
ilustrasi Gempa Afganistas Yang Tewaskan Ribuan Orang (pixabay)

Laros Media - Gempa hari ini, Senin, 29 Agustus 2022, dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi di wilayah Pantai Barat Laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Gempa bumi itu dilaporkan berkekuatan magnitudo 5,8. Pusat gema hari ini berada di laut dengan kedalaman 16 km, tapi tidak memicu gelombang tsunami.

Ketika berbicara gemba bumi, Indonesia merupakan negara yang rawan dilanda bencana alam ini. Dalam sejarahnya, ada beberapa gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

Saking dahsyatnya gempa bumi, wilayah di Indonesia yang merasakannya sampai luluh lantak. Berikut rangkuman gempa bumi terdahsyat yang pernah mengguncang Indonesia:

Baca Juga: Sering Disukai Oleh Banyak Orang, Inilah 7 Tanggal Lahir dengan Daya Pikat Paling Kuat dan Banyak Keistimewaan

1. Aceh (2004)

Pada 26 Desember 2004, peristiwa alam besar terjadi di Samudera Hindia, lepas pantai Sumatera. Di kedalaman 30 kilometer, lempeng Hindia disubduksi oleh lempeng Burma.

Hasilnya, pukul 07.58 WIB, gempa berkekuatan 9,1 SR mengguncang daerah Pulau Sumatera, khususnya Aceh. Gempa tersebut juga menimbulkan gelombang tsunami dengan tinggi 30 meter.

Dari Aceh, gelombang Tsunami ini juga dirasakan sejumlah negara, yakni Thailand, Sri Lanka, India, Maladewa, Thailand, Myanmar, Malaysia, Somalia, Bangladesh, hingga ke negara Afrika, Kenya.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X