Penampakan KRI Bung Tomo 357 TNI AL Saksi Kecanggihan Pesawat Anti Kapal Selam Asing di Pantau Laut Natuna

- Selasa, 22 November 2022 | 18:00 WIB
KRI Bung Tomo 357 TNI AL Jadi Saksi Kecanggihan Pesawat Anti Kapal Selam Asing yang Ikut Pantau Laut Natuna (Tangkapan Layar YT Al-Biruni ID)
KRI Bung Tomo 357 TNI AL Jadi Saksi Kecanggihan Pesawat Anti Kapal Selam Asing yang Ikut Pantau Laut Natuna (Tangkapan Layar YT Al-Biruni ID)

Laros Media - Diketahui bahwa KRI Bung Tomo 357 disebut pernah melakukan kontak yaitu dengan kapal Coast Guard China yang ada di perairan Natuna Utara.

Kontak yang dilakukan oleh kru KRI Bung Tomo 357 dengan Coast Guard China tejadi karena kapal penjaga pantai China berada di lokasi ZEE Indonesia dan tampak berhenti.

Disebut bahwa ada momen yang tidak biasa terjadi dan disaksikan oleh para kru dari KRI Bung Tomo 357 yaitu adanya pesawat Anti Kapal Selam (AKS) kawan Indonesia.

Adapun Pesawat AKS kawan Indonesia tersebut diketahui sedang berada di Laut Natuna Utara dan terbang dengan rendah melewati KRI Bung Tomo 357 serta kapal Coast Guard China. Adapun pesawat AKS yang melintasinya adalah P 3K2 Orion.

Baca Juga: Bukan Main! Ini Dia 3 Kapal Perang Unggulan TNI AL yang Akan Dapat Sistem Pertahanan C-Guard Tahun Depan

Dilansir Laros Media dari nzdf.mil.nz, P 3K2 Orion merupakan salah satu pesawat patroli maritim khusus Selandia Baru yang kini masih aktif bertugas di militer Selandia Baru.

Terdapat dugaan bahwa nantinya P 3K2 Orion akan segera dipensiunkan oleh Selandia Baru digantikan oleh P-8 Poseidon.

P 3K2 Orion sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1960-an sehingga P 3K2 Orion sudah berusia tua. Meski sudah berusia tua, namun P 3K2 Orion telah melalui beberapa pembaharuan canggih.

Apalagi tentang sistem teknologi avionik internal hingga teknologi eksternal P 3K2 Orion. Sehingga wajar saja apabila kini di tahun 2022, P 3K2 Orion masih aktif bertugas.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X