Punya TikTok? Hati-Hati, Hacker Bisa Ambil Alih Akun Anda dengan Cara Ini

- Jumat, 2 September 2022 | 17:30 WIB
ILUSTRASI: SEORANG hacker sedang melakukan pembobolan situs data
ILUSTRASI: SEORANG hacker sedang melakukan pembobolan situs data

Laros Media - Microsoft melaporkan adanya celah keamanan berbahaya yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengambil alih akun TikTok seseorang.

Mengutip artikel dari Daily Mail, Microsoft menyebut celah keamanan berbahaya di TikTok ini bisa memungkinkan seorang hacker membohongi pengguna akun agar mengklik sebuah link.

"Pelaku memanfaatkan kerentanan ini untuk membajak akun TikTok tanpa sepengetahuan pengguna saat mereka mengeklik link tertentu," kutip ucapan Dimitrios Valsamaras dari Microsoft 365 Defender Research Team, Jumat, 2 September 2022.

Jika pengguna akun TikTok mengklik sebuah tautan berbahaya, maka hacker bisa langsung mengakses dan memodifikasi profil korban dan mencuri informasi yang sensitif.

Baca Juga: Profil Antony, Bintang Baru Manchester United yang Punya Sederet Fakta Mengejutkan

Nantinya, penjahat siber bisa mempublikasikan video aneh dari akun pengguna TikTok yang sudah dibajak.

Hal lain yang bisa terjadi adalah mengirim pesan via chat hingga mengunggah video atas nama korban.

Microsoft sudah menemukan celah keamanan ini sejak Februari 2022, tapi sudah ditambal oleh TikTok. TikTok sudah mengetahui kelemahan itu sebelum diumumkan oleh Microsoft.

Kelemahan itu bernama CVE-2022-28799. Pihak TikTok sendiri sudah mengupdate versi 23.7.3 diluncurkan dan sebulan setelah diungkap oleh Microsoft.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X