Ini Daftar Keturunan Habib Sholeh Tanggul, Beserta Kisahnya yang Patut Kita Teladani

- Rabu, 29 Maret 2023 | 13:22 WIB
Ini Daftar Keturunan Habib Sholeh Tanggul, Beserta Kisahnya yang Patut Kita Teladani
Ini Daftar Keturunan Habib Sholeh Tanggul, Beserta Kisahnya yang Patut Kita Teladani

 

Laros Media - Berikut daftar keturunanan Habib Sholeh Tanggul yang bisa kamu simak.

Sholeh bin Muhsin al-Hamid atau lebih dikenal dengan Habib Sholeh Tanggul adalah tokoh ulama yang menghabiskan masa dakwahnya di Tanggul, Jember, Jawa Timur.

Riwayat Hidup

Kelahiran dan masa kecil

Meski namanya dinisbatkan pada nama kecamatan Tanggul, Jember, Jawa Timur, ia sebenarnya dilahirkan di desa Wadi ‘Amd, Hadramaut, Yaman pada 17 Jumadil awal 1313 Hijriah atau bertepatan dengan tahun 1895 Masehi.

Ayahnya juga merupakan seorang ulama Wadi ‘Amd bernama Muhsin bin Ahmad al-Hamid, yang juga dikenal masyarakat sekitar dengan julukan al-Bakri al-Hamid, sedangkan ibunya adalah Aisyah dari keluarga al-‘Abud Ba ‘Umar dari kalangan klan masyaikh/non-habaib al-‘Amudi.[2]

Masa kecilnya ia habiskan untuk menuntut ilmu agama.

Guru utamanya dalam bidang ilmu fikih dan tasawuf adalah ayahnya sendiri, Habib Muhsin bin Ahmad al-Hamid, sedangkan Al-Qur’an ia pelajari dari Syekh Saíd Ba Mudhij, ulama kenamaan Wadi ‘Amd.

Hijrah ke Indonesia

Saat Habib Sholeh berusia 26 tahun atau ketika itu bertepatan dengan tahun 1921 M, ia memutuskan berhijrah ke Indonesia bersama Syekh Fadhli Sholeh Salim bin Ahmad al-Asykari.

Perjalanan hijrah ini membuatnya sempat singgah di Gujarat, India, lalu berlabuh di Jakarta. Habib Sholeh sempat tinggal beberapa hari di Jakarta dan berkeliling mengunjungi para ulama sampai saudara sepupunya yang bernama Habib Muhsin bin Abdullah al-Hamid yang telah lebih dulu berhijrah meminta Habib Sholeh untuk mengunjungi kediamannya di Lumajang.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X