3 Sahabat Nabi Ini Masuk Islam Gegara Perintah Raja Nasrani di Bulan Safar

- Sabtu, 24 September 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi cerita sahabat Nabi Muhammad SAW Khalid bin Walid (pixabay/mostafa_meraji)
Ilustrasi cerita sahabat Nabi Muhammad SAW Khalid bin Walid (pixabay/mostafa_meraji)

Laros Media - Bagi umat Islam, Bulan Safar sangatlah berarti. Sebab, ada banyak kejadian sejarah di bulan ini, yakni Perang Abwa’, Peran Dzu Amr, Perang Bani ‘Udzrah, dan sebagainya.

Namun, yang tidak kalah pentingnya adalah kejadian tiga sahabat Nabi Muhammad SAW menjadi mualaf di Bulan Safar. Tiga sahabat Nabi SAW itu adalah Amr bin Ash, Khalid bin Walid, dan Utsman bin Thalhah.

Seperti dikutip dari situs NU Online, peristiwa tiga sahabat Nabi SAW memeluk agama Islam di bulan Safar itu menarik perhatian para sejarawan, salah satunya, Ibnul Atsir.

Dalam buku Al-Kamir fit Tarikh, Ibnul Atsir melaporkan pada bulan Safar 8 H, Amr bin Ash beserta dua sahabatnya, Khalid bin Walid dan Utsman bin Thalhah, mendatangi Nabi Muhammad saw untuk menyatakan masuk Islam.

Baca Juga: Para Kera Sampai Meneteskan Air Mata, Beginilah Nasib Akhir Korban yang Jadi Tumbal Pesugihan Gunung Kawi

Awal mula kesadaran Amr bin Ash adalah ketika ia bertemu dengan Raja Najasy untuk melakukan diplomasi agar sang raja mau mengusir umat Muslim yang hendak berlindung di negerinya.

Dalam pertemuan itu Amr mendapat perenungan yang akhirnya membuatnya tertarik untuk menjadi mualaf.

Sebelum peristiwa hiijrah ke Madinah, umat Muslim pernah hijrah ke Etiopia yang saat itu di bawah kepemimpinan raja adil dan bijaksana bernama Negus, seorang Nasrani yang taat.

Berbagai penindasan yang dialami umat Muslim di tanah Makkah membuat mereka harus segera mencari tempat aman agar bisa menjalani hidup lebih tenang dan beribadah lebih leluasa.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X