Bikin Penasaran, Siapa yang Paling Banyak Jadi Penghuni Surga, Pria atau Wanita? Coba Cek di Sini!

- Rabu, 28 September 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi masuk surga bersama keluarga dan disambut malaikat. Lakukan langkah ini menurut penjelasan Ustadz Adi Hidayat. (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi masuk surga bersama keluarga dan disambut malaikat. Lakukan langkah ini menurut penjelasan Ustadz Adi Hidayat. (Pixabay/Tumisu)

Laros Media - Setiap agama yang ada di dunia pasti percaya mengenai adanya kehidupan setelah kematian di dunia. Surga pun digambarkan sebagai tempat yang indah di kehidupan selanjutnya.

Namun, pernahkah Anda terpikir siapa penghuni terbanyak di surga, kaum pria atau wanita?

Dalam Islam, jawaban mengenai penghuni terbanyak surga, apakah itu pria atau wanita bisa dilihat dari cerita sahabat Abu Hurairah RA, yang dikutip oleh Muhammad bin Sirin atau Ibnu Sirin.

Diceritakan, sahabat Abu Hurairah melalui hadits Rasulullah SAW menengahi perseteruan laki-laki dan perempuan perihal jumlah dari golongan mereka yang terbanyak menghuni surga.

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila Diperingati Setiap Tanggal 1 Oktober, Sejarahnya Terkait Peristiwa G30S PKI

Dengan hadis Rasulullah SAW tersebut, sahabat Abu Hurairah memberikan gambaran jumlah laki-laki dan perempuan penghuni surga.

عَنْ مُحَمَّدٍ قَالَ إِمَّا تَفَاخَرُوا وَإِمَّا تَذَاكَرُوا الرِّجَالُ فِي الْجَنَّةِ أَكْثَرُ أَمْ النِّسَاءُ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ أَوَ لَمْ يَقُلْ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ وَالَّتِي تَلِيهَا عَلَى أَضْوَإِ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ يُرَى مُخُّ سُوقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ وَمَا فِي الْجَنَّةِ أَعْزَبُ رواه البخاري ومسلم

Artinya: "Dari Muhammad bin Sirin, suatu hari lak-laki dan perempuan saling membanggakan dan menyebut-nyebut diri, apakah laki-laki atau perempuan yang lebih banyak di surga."

"Sahabat Abu Hurairah ra berkomentar, ‘Bukankah Nabi Muhammad SAW telah bersabda, ‘Rombongan pertama masuk ke surga dengan bercahaya laksana bulan purnama. Rombongan berikutnya juga bercahaya laksana bintang yang berkilau di langit."

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X