Kemenkes Kerahkan Segala Sumber Daya Untuk Tangani Hepatitis Akut

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:01 WIB
Kasus Hepatitis Akut Indonesia  (Antara)
Kasus Hepatitis Akut Indonesia (Antara)

Laros Media - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengerahkan segala sumber daya untuk mengatasi penyebaran Hepatitis akut.

Hal ini dilakukan mengingat betapa cepatnya Hepatitis akut menyebar sehingga mengakibatkan banyak anak-anak yang kehilangan nyawanya.

Kasus Hepatitis akut menjadi kasus yang sedang diselidiki perihal penyebab, karena Hepatitis akut masih belum diketahui virus apa yang menyebabkan Hepatitis akut ini perlu diperhatikan oleh masyarakat.

"Antisipasi penyebaran hepatitis saat ini masih ditangani Kementerian Kesehatan RI sebagai kementerian teknis. Kemenkes pun telah mengerahkan segala sumber daya," kata Muhadjir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022. Dilansir dari Antara.

Baca Juga: RSPI Sulianti: Orang Dewasa Maupun Lansia Berpotensi Tertular Hepatitis Akut!

Juru Bicara Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi juga ikut menuturkan bahwa pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) untuk menangani Hepatitis akut.

Koordinasi itu, rupanya tidak hanya dilakukan dalam rangka pemantauan perkembangan hepatitis, tetapi Kemenkes juga mengikuti pedoman dari WHO.

"Kami memantau perkembangan dan mengikuti pedoman dari WHO," ujar Nadia Tarmizi.

Hal tersebut juga merupakan tanggapan atas imbauan Ketua DPR RI Puan Maharani kepada Pemerintah agar cepat menangani hepatitis akut melalui koordinasi dengan WHO.

Baca Juga: Adanya Kasus Hepatitis Akut, Pemprov DKI Imbau Warga Untuk Konsumsi Makanan Bersih

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X