Orang Tua Wajib Tahu! Gejala Hepatitis Akut Misterius pada Anak yang Perlu Diwaspadai

- Minggu, 15 Mei 2022 | 14:37 WIB
Wajib diketahui orang tua. Ini gejala Hepatitis akut pada anak (Pixabay )
Wajib diketahui orang tua. Ini gejala Hepatitis akut pada anak (Pixabay )

Laros Media - Penyakit Hepatitis akut yang merebak di berbagai negara termasuk Indonesia ini, kembali membawa kekhawatiran bagi banyak orang.

Bagaimana tidak, banyak masyarakat yang harus melakukan usaha ekstra demi mencegah penyebaran penyakit Hepatitis misterius ini.

Seperti yang kita tahu, penyebab Hepatitis akut ini masih belum diketahui apa penyebabnya, bahkan WHO dan juga para ahli sedang melakukan penyelidikan secara rinci terkait hal ini.

Dokter Bagus Setyoboedi menjelaskan, bahwa penyakit Hepatitis akut menunjukan proses peradangan di hati yang belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Ini Perbedaan Hepatitis Akut dan Hepatitis Biasa Versi Kemenkes

"Tidak diketahuinya etiologi dari Hepatitis ini menyebabkan banyak kesulitan, baik dari segi pencegahan, penanganan, hingga penanggulangan penyebaran," jelasnya, Minggu, 15 Mei 2022. Dilansir dari Beragam Sumber.

Dr Bagus menuturkan bahwa Hepatitis yang lazim ditemukan biasanya disebabkan oleh virus, bakteri, protozoa, obat/toksin, kondisi autoimun, dan kondisi sistemik. Namun nyatanya, penyakit Hepatitis kali ini belum ditemukan penyebabnya.

“Semua penyebab yang diketahui pada Hepatitis secara umum telah diteliti, namun penyebab dari Hepatitis akut ini belum ditemukan,” tuturnya.

Menurutnya, Hepatitis pada anak yang diakibatkan virus, biasanya menimbulkan gejala ringan hingga sedang.

Baca Juga: Kemenkes Kerahkan Segala Sumber Daya Untuk Tangani Hepatitis Akut

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X