Pengadilan Negeri Surabaya Mengabulkan Izin Menikah Beda Agama, Inilah Alasan dan Pertimbangannya

- Selasa, 21 Juni 2022 | 18:04 WIB
Ilustrasi sumber ibadah pernikahan  (pikiran rakyat)
Ilustrasi sumber ibadah pernikahan (pikiran rakyat)

LAROS MEDIA - Pengadilan Negeri (PN) Surabaya mengabulkan permohonan untuk izin menikah beda agama yang diajukan oleh pasangan beda agama yakni islam dan kristen setelah ditolak oleh Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat)

Pernikahan secara beda agama bagi kedua pasangan tersebut  telah disahkan yang tercantum dalam Penetapan Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby.

Permohonan itu sendiri telah disahkan secara hukum pada Senin 20 Juni 2022 dan kedua pasangan sudah menikah semenjak Maret lalu. 

Baca Juga: Putus Karena Beda Agama dengan Awkarin? Inilah Agama Gangga Kusuma

Menurut Humas PN Surabaya Suparno mengatakan, pertimbangan hakim mengabulkan permohonan pernikahan beda agama tersebut adalah demi menghindari kumpul kebo, sekaligus demi memberikan kejelasan status.

Pernyataan tersebut juga selaras dengan Hakim tunggal Imam Supriyadi yang menjelaskan telah memberikan izin untuk melangsungkan pernikahan beda agama di hadapan pejabat dinas terkait. 

"Memberikan izin kepada Para Pemohon untuk melangsungkan perkawinan beda agama di hadapan pejabat Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Madya Surabaya," ucapnya.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Kecantikan Sebelum Hari Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu

Kisah bermula dari calon pengantin pria yang berinisial RA beragama Islam bersama calon wanitanya beragama Kristen EDS, mendaftarkan pernikahan mereka ke Dukcapil tetapi berkas mereka ditolak.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X