Kominfo akan Blokir Aplikasi Instagram, Twitter, hingga Netflix Mulai Bulan Juli 2022, Ini Alasannya

- Senin, 27 Juni 2022 | 05:37 WIB
Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap beberapa aplikasi. (Foto: PIXABAY/geralt)
Kominfo akan melakukan pemblokiran terhadap beberapa aplikasi. (Foto: PIXABAY/geralt)

LAROS MEDIA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan bahwa berbagai aplikasi digital dan media sosial, seperti Instagram, Twitter, hingga Netflix akan diblokir penggunaannya di Indonesia.

Hal ini diumumkan sendiri oleh Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi.

Kominfo melakukan pemblokiran tersebut karena dianggap telah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tanggal Efektif Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat tertanggal 14 Juni 2022.

Baca Juga: HARI INI: Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi dan NIK, Simak Syarat dan Caranya Disini

Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat merupakan perusahaan penyedia internet dan aplikasi-aplikasi digital.

Sedangkan sistem informasi ini sendiri adalah kemampuan layanan dan aplikasi untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan informasi elektronik.

PSE Lingkup Privat tidak hanya mencakup perusahaan lokal, tetapi juga perusahaan asing yang jasanya diperuntukkan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Pengakuan Manajemen Holywings Soal Promo Minuman Gratis bagi Konsumen Bernama Muhammad dan Maria

Dedy Permadi menyatakan bahwa pendaftaran ini dilakukan agar PSE yang masuk ke Indonesia bisa diawasi dan didata oleh pihak yang berwenang.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X