Khusus Roda 4, Beli Pertalite Kini Harus Daftar Dulu di MyPertamina Mulai 1 Juli 2022, Begini Caranya

- Selasa, 28 Juni 2022 | 11:05 WIB
Petugas SPBU sedang mengisikan BBM untuk kendaraan roda empat. Mulai 1 Juli 2022, pembelian Pertalite harus mendaftar dulu melalui MyPertamina. (Foto: instagram/ptpertaminapatraniaga)
Petugas SPBU sedang mengisikan BBM untuk kendaraan roda empat. Mulai 1 Juli 2022, pembelian Pertalite harus mendaftar dulu melalui MyPertamina. (Foto: instagram/ptpertaminapatraniaga)

Laros Media - Pembelian Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Khusus Penugasan (JBKP) seperti Pertalite dan Solar Subsidi akan diatur oleh pihak Pertamina. Melalui anak perusahaannya PT Pertamina Patra Niaga, pembeli diwajibkan mendaftar MyPertamina.

Penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina. Pendaftaran tersebut mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2022. Khususnya pengguna kendaraan roda empat.

Sebagai BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite diatur dalam regulasi, yaitu Peraturan Presiden No. 191/2014 dan Surat Keputusan (SK) BPH Migas No. 4/2020.

Baca Juga: PENTING! Segera Daftar Sekarang di subsiditepat.mypertamina.id untuk Pembelian BBM Pertalite, Ini Cara Belinya

Dilansir Laros Media dari Pertamina.com, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan saat ini, segmen pengguna Solar bersubsidi sudah diatur. Namun segmentasi pengguna Pertalite masih luas.

Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, pihaknya harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah. “Maka dari itu, kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022,” jelas Alfian.

Dia mengatakan masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website tersebut. Selanjutnya, sistem MyPertamina akan membantu dalam mencocokan data pengguna.

Baca Juga: Main HP di SPBU Dilarang Tapi Bayar BBM Pakai Aplikasi MyPertamina, Apa Boleh? Ini Penjelasannya

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar memperoleh QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Artikel Terkait

Terkini

X