Naiknya Petisi Mahalnya Harga Makanan GoFood dan GrabFood, UMKM Bisa Menjerit! Warganet: Semoga Ada Regulasi

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 10:24 WIB
Petisi SELAMATKAN UMKM DENGAN BATASI KOMISI FOOD PLATFORM ONLINE MAKSIMUM 3%.  (Tangkap layar Change.org / Aloysius Efraim)
Petisi SELAMATKAN UMKM DENGAN BATASI KOMISI FOOD PLATFORM ONLINE MAKSIMUM 3%. (Tangkap layar Change.org / Aloysius Efraim)

Laros Media - Beberapa waktu yang lalu ramai diperbincangkan banyak masyarakat Indonesia mengenai mahalnya harga makanan yang ada di platform online seperti GoFood dan GrabFood.

Menurut pantauan, petisi yang dibuat melalui laman change.org dengan judul Selamatkan UMKM dengan Batasi Komisi Food Platform sudah ditandatangani lebih dari sembilan ribu orang.

Petisi tersebut berisikan mengenai komisi yang diterapkan oleh setiap platform telampau tinggi.

Baca Juga: Selamat! Jika Anda Lakukan Ini Artinya Lolos Kartu Prakerja Gelombang 35 Bisa Dapat 15 Juta

Komisi yang telah ditetapkan dalam food platform tersebut sebesar 20 persen per setiap transaksi dari harga aslinya.

"Hal ini menyebabkan setiap Merchant terpaksa menaikan harga cukup tinggi agar menjaga keuntungan, komisi dan discount. Efek dari harga tinggi maka Daya Beli menurun," tulis Aloysius Efraim.

"Yang paling tidak masuk akal adalah komisi 20% terhadap pricelist, jika produk kita turunkan melalui discount, komisi tetap terhadap pricelist. Padahal platform/marketplace barang hanya dibebankan komisi berkisar 3 persen, lagi pula setiap platform sdh mendapatkan keuntungan dari delivery," tulisnya.

Baca Juga: Apa Itu Infeksi Paru-paru yang Menyerang Menpan RB Tjahjo Kumolo Sebelum Meninggal Dunia

Tak hanya menyinggung mengenai besarnya komisi, isi dari pertisi tersebut juga tertulis mengenai belim adanya penetapan aturan komisi.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Sumber: change.org

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X