Pemerintah Beri Himbauan Mengenai Hari Raya Kurban Idul Adha yang Ramah Lingkungan, Berikut Penjelasannya

- Minggu, 3 Juli 2022 | 07:15 WIB
Pemerintah Berikan Himbauan Mengenai Hari Raya Kurban Idul Adha yang Ramah Lingkungan, Berikut Penjelasannya (dlh.banjarbarukota.go.id)
Pemerintah Berikan Himbauan Mengenai Hari Raya Kurban Idul Adha yang Ramah Lingkungan, Berikut Penjelasannya (dlh.banjarbarukota.go.id)

LAROS MEDIA - Memasuki bulan Juli 2022, banyak masyarakat muslim disibukkan dengan persiapan hari raya Idul Adha.

Adapun persiapan hari raya Idul Adha yang biasanya dilakukan pertama kali adalah memastikan ketersediaan hewan kurban yang siap untuk disembelih.

Momen hari raya Idul Adha memang identik dengan proses penyembelihan hewan kurban dan pembagian dagingnya yang sesuai syariat agar sah sebagai salah satu ibadah umat muslim.

Namun, tidak banyak yang memperhatikan bahwa kurban hari raya Idul Adha juga harus dilakukan secara tertib dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Pattra si Bapak Online Tiktok Disebut Lakukan Pelecehan Seksual, Korban Mengaku Trauma Hingga Sekarang

Hal ini telah dihimbau oleh pemerintah melalui Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.4/MENLHK/PSLB3/PLB.2/6/2022 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

Selain itu hal serupa telah termuat juga sebelumnya dalam beberapa Peraturan Daerah di wilayah Indonesia, seperti Perda Kota Bandung tentang Pengelolaan Sampah.

Secara umum, masyarakat yang ingin melaksanakan kurban Idul Adha wajib memperhatikan hal-hal berikut ini agar lingkungan tetap bersih.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Idul Adha 10 Juli, Wukuf Arafah 9 Juli, Haruskah Puasa Arafah Mengikuti Ketentuan Wukuf?

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korban Gempa di Cianjur kini Bertambah menjadi 162 Orang

Selasa, 22 November 2022 | 13:30 WIB
X