HKI Jadi Jaminan Kredit Nasabah? Presdir Bank BCA: Kami Akan Coba Pertimbangkan dan Pelajari Lebih Mendalam

- Kamis, 28 Juli 2022 | 16:30 WIB
Presdir Bank BCA, Jahja Setiaatmadja yang berbicara mengenai HKI sebagai jaminan kredit nasabah (foto: Instagram.com/bisniscom)
Presdir Bank BCA, Jahja Setiaatmadja yang berbicara mengenai HKI sebagai jaminan kredit nasabah (foto: Instagram.com/bisniscom)

LAROS MEDIA - HKI atau Hak Kekayaan Intelektual seperti konten YouTube, lagu, atau film menjadi sorotan bagi Bank BCA tersebut.

Karena Bank BCA menyatakan jika HKI dapat dijadikan sebagai jaminan kredit untuk nasabahnya.

Presdir Bank BCA yaitu Jahja Setiaatmadja mengatakan “BCA saat ini tengah mencari tahu common practice atau praktek umum jaminan HKI di dunia perbankan”.

Baca Juga: Pinjaman Online Tanpa Agunan BCA, Dapatkan Limit Dana Hingga Rp100 Juta, Begini Syarat dan Cara Pengajuannya

Praktek umum tersebut dilakukan melalui konsultasi dengan berbagai pihak seperti JP Morgan, Citibank, DBS, dan beberapa bank internasional yang lainnya.

“Pihak bank juga harus meminta penilaian dari pihak independen untuk bisa menerima penjaminan hak kekayaan intelektual, mulai dari value, cash flow, serta dari sisi legal,” kata Presdir Bank BCA.

Presdir Bank BCA menilai konsep tersebut merupakan salah satu bentuk terobosan dalam sebuah jaminan maupun agunan kredit.

Baca Juga: Setelah Dilepas Baim Wong, Kini Citayam Fashion Week Kembali Didaftarkan ke HAKI Jadi Alas Kaki

“Menurut saya, kita mungkin akan mempertimbangkan hal itu (hak kekayaan intelektual) sebagai jaminan tambahan, jadi bukan jaminan satu-satunya, karena kita tahu namanya kredit itu kan bisa berbagai macam jaminan,” sambung Presdir Bank BCA.

“Kita mungkin akan coba mempertimbangkan sebagai jaminan tambahan, bukan jaminan utama,” ujar Jahja Setiaatmadja.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Sumber: Instagram.com @bisniscom

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serba­-serbi Tahun Baru China yang Unik dan Berkesan

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:51 WIB
X