Waspada! BMKG Peringatkan Masyarakat Pantai Selatan Pulau Jawa Terhadap Adanya Gempa dan Tsunami 10 M

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 15:18 WIB
BMKG prediksi daerah Selatan Pulau Jawa akan terkena gempa dan tsunami.
BMKG prediksi daerah Selatan Pulau Jawa akan terkena gempa dan tsunami.

Laros Media - Masyarakat yang berada di Pulau Jawa digemparkan atas informasi yang disampaikan oleh BMKG perihal terjadinya gempa dan tsunami di wilayah mereka.

Diprediksi Pulau Jawa akan terkena gempa sebesar 8,7 Magnitude serta tsunami mencapai 10 M terutama di daerah Pantai Selatan

Secara geografis, Kabupaten Cilacap berada di Pantai Selatan Pulau Jawa yang menghadap langsung zona tumbukan lempeng, yakni antara lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Eurasia.

Baca Juga: 6 Lokasi Gempa yang Mengguncang Wilayah Indonesia Berdasarkan Laporan dari BMKG, Berikut Laporan Lengkapnya!

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengingatkan seluruh masyarakat akan ancaman gempa bumi dan tsunami di sepanjang selatan Pulau Jawa, khususnya di Kabupaten Cilacap.

Cilacap yang berada di garis Pantai Selatan Jawa menghadap langsung zona tumbukan lempeng antara lempeng Samudera Hindia dengan lempeng Eurasia. 

Dari hasil pemodelan tsunami dengan skenario terburuk, dikhawatirkan berpotensi terjadi tsunami dengan ketinggian lebih dari 10 m di pantai.

Baca Juga: Baru-Baru Ini Masyarakat Diminta Waspada Akan Cuaca Panas Ekstrem, Begini Penjelasan BMKG

"Cilacap, sebagai akibat dari gempa bumi dengan kekuatan M = 8,7 pada zona megathrust dalam tumbukan lempeng tersebut" ujar Dwikorita dikutip Laros Media yang dilansir oleh Pikiran Rakyat, Sabtu, 30 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Rezki Putri

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serba­-serbi Tahun Baru China yang Unik dan Berkesan

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:51 WIB
X