Cacar Monyet Sudah Masuk ke Indonesia, Apakah Kita Punya Vaksinnya?

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi sumber gambar vaksin cacar
Ilustrasi sumber gambar vaksin cacar

LAROS MEDIA - Dikabarkan Cacar Monyet atau monkeypox sudah masuk ke Indonesia tepatnya salah satu warga Jawa Tengah berumur 50 tahunan tersuspek virus tersebut, kemudian apakah kita Indonesia sudah punya vaksinya?

Ketua BPOM, Penny K Lukito mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan izin cacar monyet bisa diberikan apabila memang ada industri farmasi yang mendaftarkan vaksin cacar monyet.

Namun di Indonesia sendiri vaksin cacar monyet belum mendapatkan izin pemakaian oleh BPOM (Badan Pengawas dan Makanan), meskipun sudah ada rekomendasi dari CDC dan WHO.

Baca Juga: 8 Gejala Cacar Monyet, Salah Satunya Bisa Bengkakkan Kelenjar Getah Bening

Baca Juga: Kenapa Cacar Monyet Baru Merebak Sekarang? Begini Penjelasan Para Ahli!

Suspek Monkeypox diinformasikan telah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit untuk mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjut lebih lanjut, hal tersebut dilakukan karena memastikan apakah benar cacar monyet atau bukan.

Menteri Kesehatan Indonesia, Budi Gunadi Sadikin menjelaskan vaksin cacar masih efektif memberikan perlindungan terhadap penerima manfaat dari risiko penularan penyakit cacar monyet.

Sedangkan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan belum ada tambahan kasus suspek maupun konfirmasi cacar monyet hingga Selasa, 2 Agustus 2022.

Baca Juga: 5 Tips Hubungan Intim Sehat Bagi Suami Istri Agar Tidak Kena Infeksi Wabah Cacar Monyet!

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X