Alasan Jokowi Pilih Baju Adat Paksian Saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2022, Ini Makna Motif Pucuk Rebung

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:40 WIB
Alasan Jokowi pakai baju adat Paksian dari daerah Bangka Belitung. (Tangkapan layar TV Parlemen via YouTube)
Alasan Jokowi pakai baju adat Paksian dari daerah Bangka Belitung. (Tangkapan layar TV Parlemen via YouTube)

Laros Media - Berikut alasan Jokowi memilih baju adat Paksian untuk dikenakan saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8/2022).

Berdasarkan keterangan Sekretaris Pribadi (Sespri) Presiden Jokowi, Anggit Nugroho, alasan dipilihnya baju adat Paksian lantaran makna yang terkandung di dalamnya.

Menurutnya, proses seleksi baju adat yang akan dikenakan Presiden Jokowi setelah melalui beberapa rekomendasi yang dikumpulkan tim Sespri dengan mempertimbangkan tema adat yang belum pernah dikenakan sebelumnya.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Paksian Saat Pidato Kenegaraan 16 Agustus 2022, dari Daerah Mana?

Baca Juga: Ketua MPR RI Buka Sidang Tahunan dengan Pantun Kemerdekaan: Ada Burung di Atas Dahan, Cakep...

Seperti diketahui Jokowi selalu memakai tema adat secara bergantian tiap tahunnya pada peringatan hari besar kenegaraan.

"Dikumpulkanlah baju-baju adat dari daerah-daerah yang belum pernah dikenakan Presiden. Dari sekian banyak busana adat tersebut diseleksi hingga tinggal 3 buah," kata Anggit seperti dikutip dari Pikiran-Rakyat.

Terkait alasan Jokowi memilih baju adat Paksian karena secara makna dirasa lebih relevan dengan semangat yang diusung pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77.

"Pesan kerukunan, kedamaian itu mungkin yang Presiden ingin sampaikan dengan baju adat Paksian dari Bangka Belitung, sehubungan dengan makin dekatnya pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024," jelas dia.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mau Jadi Content Creator Promedia? Inilah Cara-Caranya!

Senin, 26 September 2022 | 18:51 WIB
X