Uang Baru 2022 Pakai Teknologi Canggih, Gambar Bisa Menyala, Sulit Dipalsukan Juga!

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Uang baru di Bank Indonesia bersama Pemerintah (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)
Uang baru di Bank Indonesia bersama Pemerintah (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)

Laros Media - Bank Indonesia dan pemerintah telah menerbitkan uang baru pada Kamis, 18 Agustus 2022. Ada tujuh uang baru 2022 yang menandai peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia ini.

Uang baru 2022 ini disebut dengan Uang Tahun Emisi 2022. Kendati disebut uang baru, tidak ada wajah pahlawan baru yang menghiasi di tampilan depan. Masih sama seperti Uang Tahun Emisi 2016, tapi gambar pahlawan di uang baru 2022 terlihat lebih elegan.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim menegaskan, uang baru 2022 ini sulit untuk dipalsukan. Terlebih, BI memikirkan tiga aspek utama mencegah terjadinya pemalsuan.

Baca Juga: Bertepatan dengan HUT RI ke-77, Bank Indonesia Kenalkan Uang Kertas Baru

Aspek yang pertama, penguatan desain agar semakin mudah dikenali. Kedua penguatan unsur pengaman agar semakin sulit dipalsukan. Dan aspek yang ketiga adalah, penguatan ketahanan bahan uang.

Kemudian, teknologi benang pengaman pada uang baru 2022 ini bernama microlenses. Dijelaskan Marlinson, benang pengaman tersebut diklaim sebagai teknologi paling canggih yang pernah digunakan di Indonesia.

Sebelumnya, benang pengaman jenis ini sudah ada pada uang kertas pecahan Rp75 ribu.

"Aspek security ini, isunya bahwa pemalsuan banyak terjadi pada mata uang besar seperti Rp 50.000 dan Rp 100.000. Karena kami mengidentifikasi tanda kutip ada unsur security yang menyerupai, maka kami mengganti benang pengaman kita. Karena benang pengaman kita sebelumnya sudah 20 tahun," ujarnya.

Baca Juga: Lihat Lebih Detail Uang Baru 2022, Wajah Pahlawan Terlihat Lebih Elegan

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X