Rencana Pertalite Naik, Ini 4 Faktanya: Bisa Rp10 Ribu Hingga Tunggu Keputusan 3 Kementerian

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 19:46 WIB
Pertalite (foto: Netizen)
Pertalite (foto: Netizen)

Laros Media - Pemerintah masih menggodok harga Pertalite naik. Kenaikan harga BBM bersubsidi ini menjadi respons pemerintah Indonesia atas tingginya harga minyak dunia.

Dijelaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah masih merancang harga Pertalite naik sebelum akhirnya ketok palu.

"Tentu apabila ada penyesuaian (harga Pertalite naik) kita sedang mengkalkulasi juga kebutuhan terkait kompensasi dalalm berbagai program yang sedang berjalan. Artinya (kompensasi) dikaitkan dengan program yang berjalan ada pelindungan sosial," ujar Airlangga.

Nantinya, pemerintah bakal mengalokasikan anggaran subsidi energi, termasuk subsidi BBM hingga Rp336,7 triliun dalam RAPBN 2023. Subsidi itu lebih rendah bila dibandingkan dengan tahun ini, yakni Rp502,4 triliun.

Baca Juga: Disini: Lokasi Daftar MyPertamina Offline Tanpa Aplikasi, Beli Pertalite dan Solar Lebih Mudah

Rencana pemerintah membuat harga Pertalite naik ini tersirat empat fakta menarik yang dihimun Laros Media dari berbagai sumber. Berikut fakta menariknya:

1. Faktor Penyebab Pertalite Naik

Sampai Juli 2022, Pertamina melaporkan kalau konsumsi Pertalite sudah menembus angka 16,8 juta kiloliter. Itu setara dengan 73,04 persen dari total kuota yang ditetapkan pemerintah, yakni 23 juta kiloliter.

Ini sangat mengkhawatirkan. Sebab, jika pemerintah pemerintah menambah kuota BBM subsidi, maka beban APBN untuk subsidi bisa semakin membengkak hingga melebihi Rp 600 triliun.

Halaman:

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X