Rasuna Said, Pembangkang yang Kampanyekan Hak-Hak Perempuan dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

- Rabu, 14 September 2022 | 13:30 WIB
Rasuna Said memiliki pemikiran progresif dalam perjuangannya untuk mengkampanyekan hak-hak perempuan dan kemerdekaan Indonesia. (Foto: tvrinews)
Rasuna Said memiliki pemikiran progresif dalam perjuangannya untuk mengkampanyekan hak-hak perempuan dan kemerdekaan Indonesia. (Foto: tvrinews)

LAROS MEDIA – 14 September 2022, sosok Rasuna Said dapat di dilihat di laman Google sebagaimana hari ini merupakan hari kelahiran beliau.

Rasuna Said merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia yang dianugerahi gelar pahlawan oleh pemerintah pada tahun 1974..

Rasuna Said meninggal pada 2 November 1965 karena kanker payudara tapi nilai-nilai perjuangannya tetap hidup sampai sekarang.

Wanita kelahiran Desa Panyinggahan, Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatra Barat ini memperjuangkan kemerdekaan dari jalur pendidikan sekaligus politik.

Baca Juga: Inillah Biografi dan Kisah Perjuangan Moch Sroedji, Pahlawan Jember yang Jadi Musuh Utama Tentara Belanda

Berasal dari keluarga Islam yang taat serta latar belakang pesantren membuatnya menciptakan keselarasan antara agama dan politik dalam upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Julukan Singa yang disematkan padanya bukan tanpa alasan. Beliau berani bersuara lantang menentang kolonialisme serta tindakan-tindakannya dalam melawan norma-norma pada jaman dahulu.

Ketika muda, Rasuna menolak perjodohan dengan lelaki yang bukan pilihan terlebih sang pria sudah beristri. Beliau memilih tidak menikah daripada menjalaninya dengan keterpaksaan.

Baca Juga: Inilah Kisah Bura Pahlawan Kemerdekaan Asal Jember yang Terkenal Sakti Hingga Disegani oleh Belanda

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serba­-serbi Tahun Baru China yang Unik dan Berkesan

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:51 WIB
X