Tindaklanjuti Tragedi Kanjuruhan, Menkopolhukam, Mahfud MD Beri Respons Cepat

- Senin, 3 Oktober 2022 | 13:30 WIB
Mahfud MD menyampaikan beberapa langkah sebagai respons cepat atas Tragedi Kanjuruhan (Foto: polkam.go.id)
Mahfud MD menyampaikan beberapa langkah sebagai respons cepat atas Tragedi Kanjuruhan (Foto: polkam.go.id)

LAROS MEDIA – Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 bukan hanya menjadi sejarah kelam dalam dunia sepakbola nasional tapi juga sampai mendapat perhatian internasional.

Bahkan tidak sedikit orang yang enggan menyebut Tragedi Kanjuruhan sebagai Tragedi Sepakbola tapi Tragedi Bangsa Indonesia karena melibatkan banyak pihak.

Sebagaimana yang diketahui, Tragedi Kanjuruhan terjadi di stadion yang menjadi kandang Arema FC dan menelan korban jiwa sebanyak 125 orang dari total 448 orang korban.

Menkopolhukam, Mahfud MD sebelumnya sudah mengeluarkan pernyataan bahwa Tragedi Kanjuruhan bukan disebabkan oleh perkelahian antar suporter melainkan korban berjatuhan karena berdesak-desakan, saling himpit, sesak nafas dan ada yang terinjak.

 Baca Juga: Bentuk Empati Atas Tragedi Kanjuruhan, FIFA Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kejadian pada Sabtu lalu itu diawali oleh ketidakpuasan suporter Arema karena tim kesayangannya kalah di kandang atas rival mereka, Persebaya.

Ketidakpuasan itu coba diluapkan dengan masuk ke dalam lapangan untuk menyampaikan kekecewaannya pada pemain serta staf pelatih.

Sayangnya, jumlah penonton yang turun ke lapangan justru semakin banyak sehingga petugas pengamanan harus memukul mundur mereka ke tribun.

 Baca Juga: Dipakai dalam Tragedi Kanjuruhan, Ini Kandungan dan Efek Samping Gas Air Mata, Bisa Berdampak Jangka Panjang

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: Tempo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Korban Gempa di Cianjur kini Bertambah menjadi 162 Orang

Selasa, 22 November 2022 | 13:30 WIB
X