Gempa M 5,5 Mengguncang Banten, BMKG Menyebut Tidak Berpotensi Tsunami dan Menghimbau Warga Agar Tetap Tenang

- Minggu, 9 Oktober 2022 | 19:30 WIB
Gempa Bumi M 5,5 Mengguncang Banten Hari ini (Canva)
Gempa Bumi M 5,5 Mengguncang Banten Hari ini (Canva)

LAROS MEDIA - Telah terjadi gempa di wilayah Pantai Tenggara Pandeglang, Banten pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa gempa magnitudo 5,5 tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Plt. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan bahwa hasil pemodelan dari BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Taurus Hari Ini Senin 10 Oktober 2022, Jika Ingin Merubah Rutinitas Jangan Dilakukan Mendadak

Daryono menegaskan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal yang terjadi akibat subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan oblique turun (normal oblique)," ujar Daryono.

BMKG juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan jangan terpengaruh dengan isu yang belum jelas kebenarannya.

Baca Juga: TGIPF Memberikan Kesimpulan Sementara Bahwa Stadion Kanjuruhan Tidak Layak Untuk Menggelar Laga Risiko Tinggi

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Daryono dalam rilis BMKG pada Minggu, 9 Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X