7 Tips Traveling ala Backpacker, Low Budget Tanpa Ribet

- Jumat, 1 Juli 2022 | 14:00 WIB
Backpacker tidak membutuhkan terlalu banyak barang dan uang untuk traveling ke destinasi baru. (PIXABAYS/pexels)
Backpacker tidak membutuhkan terlalu banyak barang dan uang untuk traveling ke destinasi baru. (PIXABAYS/pexels)

LAROS MEDIA - Backpacker merupakan seseorang yang melakukan perjalanan jauh atau traveling dengan budget yang terbatas. Backpacker identik dengan pelancong yang memakai backpack atau ransel untuk membawa perlengkapannya.

Backpacker biasanya tidak menyukai hal-hal yang merepotkan dirinya. Mereka ingin lebih menikmati apapun yang dilalui dalam perjalanan panjangnya. Selain simple, seorang backpacker juga memiliki budget yang terbatas untuk biaya traveling namun tetap bisa survive di tempat baru.

Orang yang ahli dalam backpacking tentunya telah berkali-kali melakukan perjalanan dan telah menelan banyak pengalaman. Tak perlu khawatir jika anda baru akan mencoba untuk menjad backpacker, tips dan trik berikut akan membantu perjalanan anda lebih simple dan low budget:

Baca Juga: 7 Tips Penting Ketika akan Pergi Hiking, Pendaki Pemula Wajib Tahu!

1. Pastikan anda dalam keadaan sehat

Seorang backpacker bertanggungjawab penuh atas dirinya. Kesehatan menjadi pondasi utama bagi backpacker. Ketika tubuh dalam kondisi baik, maka perjalanan akan tercover dengan aman, utamanya bagi backpacker yang minim barang dan low budget.

2. Jangan membawa barang terlalu banyak

Rencanakan perjalanan yang akan dilakukan secara matang, hitung berapa pakaian dan barang apa saja yang anda butuhkan. Pilih barang yang multifungsi, sehingga anda cukup membawa satu barang itu saja dengan beberapa manfaat tanpa menggunakan barang yang lain.

Membawa barang terlalu banyak juga akan merepotkan anda selama perjalanan. Berat beban ransel anda juga berpengaruh pada kenyamana perjalanan anda.

Baca Juga: Ingin Traveling Murah? Ini Tips Travel yang Harus Diketahui Pemula

3. Pilih penginapan yang menyediakan sarapan gratis

Penginapan yang memberikan fasilitas sarapan gratis akan sangat menguntungkan bagi backpacker. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal penting ini. Nutrisi yang anda butuhkan di pagi hari telah terpenuhi untuk melanjutkan petualangan seru ini.

4. Bepergian dengan tim untuk membagi biaya

Terdapat beberapa tempat tertentu yang memerlukan biaya mahal untuk mengunjunginya. Apabila anda menanggungnya sendiri mungkin akan terasa mahal.Biaya kendaraan, tempat tinggal, maupun kebutuhan makan akan lebih murah jika ditanggung bersama.

Di samping itu, jika anda melakukan perjalanan dengan tujuan di alam terbuka, anda juga bisa membagi perlengkapan yang perlu dibawa. Seperti tenda dan alat memasak bisa digunakan secara bersama-sama.

Baca Juga: 7 Tips Penting Ketika akan Pergi Hiking, Pendaki Pemula Wajib Tahu!

5. Jangan malu untuk menumpang

Menumpang adalah bagian yang paling mengesankan bagi seorang backpacker. Ketika anda menumpang, berarti anda berkomunikasi dengan orang baru, menjalin kedekatan dengan warga setempat, dan tentunya mengehamat biaya transportasi anda.

6. Bawalah jas hujan dan pastikan tas ranselmu memiliki rain cover

Jas hujan dan rain cover tidak kalah penting untuk berlindung dari hujan ketika perjalanan. Terkadang hujan turun dating secara tiba-tiba. Apabila anda tidak membawa kedua perlengkapan ini, semua barang yang anda bawa akan basah dan akan merepotkan anda.

7. Hindari over plan

Meskipun perencanaan perjalanan sangat dibutuhkan, sebaiknya anda menyisakan ruang untuk bertindak secara spontanitas. Karena itu akan memaksa anda untuk berkembang dan belajar survive dengan keterbatasan yang ada.

Baca Juga: Jangan Sepele, Ini Obat Saat Bepergian Yang Harus Dibawa, Cocok Untuk Arus Balik, Mudik dan Travelling

Spontanitas itulah yang akan memberikan banyak pengalaman berharga untuk perjalanan anda selanjutnya. ***

Editor: Dena Wiliyamansyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X