Macet Menjelang Nyepi dan Ramadhan, Volume Kendaraan Penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali Meningkat Drastis

- Selasa, 21 Maret 2023 | 20:15 WIB
Menjelang Nyepi dan Ramadhan, Volume Penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali Meningkat Drastis, Padat Merayap!
Menjelang Nyepi dan Ramadhan, Volume Penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali Meningkat Drastis, Padat Merayap!

Laros Media - Jumlah kedatangan penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk Bali, sehari menjelang Hari Raya Nyepi terpantau meningkat pada Selasa (21/3/2023).

Penumpang yang menyebrang ke Pulau Jawa berasal dari pejalan kaki, kendaraan roda empat, bus pariwisata dan kendaraan roda dua.

Terlihat antrean kendaraan untuk keluar kapal terjadi di setiap dermaga di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Mereka sebagian besar para perantau yang bekerja di Bali yang memilih pulang kampung memanfaatkan momen Hari Raya Nyepi dan awal Ramadhan.

Mereka memilih pulang kampung lebih awal selain karena Nyepi juga untuk melakukan tradisi nyekar atau kirim doa ke makam keluarga menjelang Ramadhan.

Saya pulang bersama Istri saya, mau nyekar di kampung, selain itu juga karena  adanya Nyepi di Bali,” ujar salah satu penumpang asal Surabaya Candra.

Baca Juga: Takut Hamil! Siswi SMP Asal Padang Dibawa Kabur Pacar, Dibunuh dan Dikubur di Dapur dengan Kedalaman 50 Cm

Hal senada juga diutarakan penumpang lainnya, Ayuk. Perantau asal Banyuwangi ini mengaku memang setiap tahunya menjelang Ramadhan pulang kampung untuk megengan.

Namun kata dia, untuk tahun ini bersamaan dengan Nyepi.

“Ini pas kebetulan ya, pas Nyepi juga pas megengan, jadi pulangnya agak lama bisa seminggu. Setelah itu balik lagi ke Bali, nanti mendekati lebaran mudik lagi. Saya setiap tahunya mesti pulang untuk megengan," katanya.

General Manager PT ASDP Ketapang Muhammad Yasin mengatakan, aktivitas di Pelabuhan Ketapang menunjukan peningkatan mulai hari Senin (20/3/2023).

Mulai Senin sore kemarin ada kenaikan jumlah penumpang maupun kendaraan dari Bali menuju Pelabuhan Ketapang,” tambah Yasin.

Meningkatnya penumpang  karena banyak masyarakat yang memilih pulang kampung pada saat nyepi yang bersamaan dengan awal bulan puasa.

Baca Juga: Waduh Usai Nasabah Ngamuk Gegara Uangnya Hilang, BTN Malah Saranin Jaga Identitas, Gimana Sih?

“Mereka sebagian besar masyarakat di berbagai daerah di Jawa Timur yang memilih pulang kampung pada nyepi ini. Karena juga kebetulan pas awal bulan puasa,” paparnya.

Halaman:

Editor: Fabby Nidufias D

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X