Bupati Jember Kembalikan Honor Pemakaman Jenazah Covid-19, Khofifah: Tidak Ada SE dan SK Gubernur

- Senin, 30 Agustus 2021 | 12:24 WIB
Bupati Jember Kembalikan Honor Pemakaman Jenazah Covid-19, Khofifah, Tidak Ada SE dan SK Gubernur
Bupati Jember Kembalikan Honor Pemakaman Jenazah Covid-19, Khofifah, Tidak Ada SE dan SK Gubernur

Laros Media - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa tahu soal Bupati Jember yang sudah mengembalikan honor pemakaman COVID-19 ke Kasda. Ia menyerahkan masalah tersebut ke pihak yang punya tugas melakukan proses tindak lanjut.

"Jadi Pak Inspektur itu sudah 6 hari lalu sudah ke Jember, Setelah itu, dua hari lalu beliau menyampaikan (ke gubernur) bahwa 'Buk ini semua sudah dikembalikan', ini dua hari lalu. Jadi proses berikutnya tentu kita menyerahkan ke mereka yang memang punya tugas untuk melakukan proses tindak lanjutnya. Jadi kira-kira begitu," ujar Khofifah di Surabaya, Minggu 29 Agustus 2021.

Baca Juga: Masuk PPKM Level II, Bupati Jember Izinkan Mall dan Tempat Wisata Dibuka Kembali

Mereka yang menerima dan mengembalikan honor pemakaman COVID-19 yakni Bupati Jember Hendy Siswanto, Sekda Jember, Plt Kepala BPBD Jember dan Kabid 2 BPBD Jember.

Soal sanksi untuk mereka, Khofifah mengatakan, ada aparat penegak hukum yang akan memproses masalah tersebut. Mantan Mensos RI ini lalu mencontohkan, tidak pernah ada aturan di Pemprov Jatim, bila mana ada kegiatan yang dilakukan kepala daerah terkait COVID-19, lalu mendapat honor.

"Aturannya gini lo, ini juga ada Bu Dinkes Provinsi, kalau kita menghitung Raker kesehatan, Raker vaksinasi, perjalanan semua vaksinasi selama COVID-19, tidak ada yang berhonor kalau di Pemprov," kata Khofifah.

"Kalau dihitung Raker ini kan gak terhitung kita ini. Tidak ada Raker-raker terkait COVID, Rakor terkait COVID-19 setingkat apapun yang berhonor. Jadi gak ada SE Gubernur atau SK Gubernur gak ada," tambahnya.

Baca Juga: Bawa Angin Perubahan, PC IPNU Jember Dukung Fahkrul Irfan Syah Maju Ketua IPNU Jatim

Sebelumnya, Bupati Jember, Sekda Jember, Plt Kepala BPBD Jember dan Kabid 2 BPBD Jember menerima honor pemakaman COVID-19. Honor yang mereka terima sama, yakni Rp 100 ribu per pemakaman. Total honor yang telah diterima masing-masing sebesar Rp 70,5 juta.

Namun Kemenkeu menyebut tak ada aturan yang secara rinci mengatur bupati dapat menerima honor dari pemakaman COVID-19. Kemenkeu menyatakan daerah tidak wajib merujuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 119/PMK.02/2020 tentang Standar Biaya Masukan (SMB) Tahun Anggaran 2021.

Halaman:

Editor: Redaksi Laros Media

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X